FIFA Hadir di G20, Dorong Transformasi Sepak Bola Indonesia

FIFA dan IOC hadir di acara KTT G20

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa kehadiran Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali memiliki makna tersendiri. Angin segar berembus untuk sepak bola Indonesia.

"Kedatangan FIFA di G20 tidak hanya menegaskan dukungan untuk terus menjadikan sepak bola sebagai olahraga yang mampu meningkatkan ekonomi dunia, tetapi juga menyebarkan pesan bahwa sepak bola bisa mendamaikan dunia," ujar Erick dalam keterangan resminya.

1. FIFA memberikan dukungan penuh untuk sepak bola Indonesia

FIFA Hadir di G20, Dorong Transformasi Sepak Bola IndonesiaPresiden FIFA, Gianni Infantino datangi di kantor PSSI pada Selasa (18/10/2022). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selepas tragedi Kanjuruhan di Malang terjadi, FIFA dan pemerintah Indonesia bersinergi untuk melaksanakan transformasi sepak bola Indonesia. Bahkan, Infantino sempat bertemu langsung dengan Presiden Joko 'Jokowi' untuk membahas ini.

Erick pun mengungkapkan, dukungan dari FIFA ini harus dimanfaatkan betul oleh semua stakeholder sepak bola Indonesia, mulai dari pemerintah, federasi, hingga tingkatan klub, pemain, pelatih, wasit, dan suporter.

Baca Juga: Presiden FIFA Ungkap Arti Penting Piala Dunia 2022 di G20

2. FIFA sebut sepak bola bisa putus kesenjangan ekonomi

FIFA Hadir di G20, Dorong Transformasi Sepak Bola Indonesiailustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam acara G20, Infantino berujar bahwa sepak bola adalah olahraga dengan dampak ekonomi global yang besar. Dia pun yakin, jika sepak bola diolah dengan benar, kesenjangan ekonomi yang terjadi di dunia ini bisa diputus.

"Sekarang, izinkan saya bicara keterkaitan sepak bola dan ekonomi. GDP sepak bola global mencapai angka 300 miliar dolar AS. Bayangkan potensi ekonomi global yang besar dari sepak bola ini, jika seluruh dunia bisa memanfaatkannya," kata Infantino.

3. Presiden FIFA dan IOC hadiri KTT G20 Bali

FIFA Hadir di G20, Dorong Transformasi Sepak Bola IndonesiaMenteri BUMN, Erick Thohir saat bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Presiden IOC, Thomas Bach di sela-sela KTT G20 Bali. (dok. Kementerian BUMN)

Infantino bersama dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, hadir dalam acara KTT G20 di Bali. Mereka berdua membahas tentang bagaimana sumbangsih yang bisa diberikan oleh olahraga untuk kemajuan dunia.

"Sejak pembukaan G20 ini, semua negara memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo dan Indonesia atas kemajuan dan prospek masa depan Indonesia. Hal itu dikarenaka kemajuan olahraga sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pasar yang besar, maka IOC dan FIFA juga melihat hal serupa dan keduanya siap memberikan dukungan bagi olahraga kita," tutur Erick.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya