Fiorentina Bisa Raih Trofi Kompetisi Eropa Kedua dalam Sejarah Klub

Fiorentina pernah jadi juara kompetisi Eropa

Jakarta, IDN Times - Musim ini, satu trofi penting berpeluang didapatkan Fiorentina. Usai tumbang di final Coppa Italia lawan Inter Milan, masih ada trofi kompetisi Eropa yang bisa mereka dapat, yakni Conference League.

Pada Kamis (8/6/2023) dini hari, Fiorentina akan menghadapi West Ham United dalam laga final Conference League 2022/23. Sepanjang turnamen, Fiorentina memang tampil ciamik mengalahkan tim-tim besar.

Sporting Braga, Sivasspor, Lech Poznan, hingga Basel, berhasil ditumbangkan Fiorentina. Kini, di final, West Ham hadir untuk memberikan tantangan terakhir di Conference League musim ini.

Baca Juga: 9 Mantan Pemain Fiorentina yang Membela Klub LaLiga pada 2022/2023

1. West Ham bukan lawan enteng

Fiorentina Bisa Raih Trofi Kompetisi Eropa Kedua dalam Sejarah KlubPara pemain West Ham saat merayakan gol penalti ke gawang Manchester City. (twitter.com/WestHam)

Kendati Fiorentina bisa meraih trofi Conference League, West Ham bukan lawan yang enteng. Meski capaian klub berjuluk The Hammers itu tak terlalu apik di Premier League musim ini, Declan Rice dkk tetap berbahaya.

Apalagi, secara sejarah, West Ham pernah meraih beberapa trofi kompetisi Eropa, seperti Cup Winners' Cup dan UEFA Intertoto. Setidaknya, mereka bakal jadi lawan yang pas bagi Fiorentina di laga final Conference League nanti.

Baca Juga: 5 Pemain Fiorentina yang Curi Atensi pada 2022/2023, Ada Luka Jovic!

2. Fiorentina pernah meraih beberapa trofi

Fiorentina Bisa Raih Trofi Kompetisi Eropa Kedua dalam Sejarah KlubFiorentina (skysports.com)

Sepanjang sejarah klub, Fiorentina pernah meraih beberapa trofi. Mereka bahkan pernah menjuarai Serie A pada musim 1955/56, serta musim 1968/69. Mereka juga rutin menjuarai Coppa Italia.

Tercatat, Fiorentina enam kali menjuarai Coppa Italia, yakni pada 1939/40, 1960/61, 1965/66, 1974/75, 1995/96, dan 2000/01. Jadi, sejatinya Fiorentina pernah merasakan juga pengalaman menjadi juara.

Baca Juga: Menilik Kiprah Fiorentina Lolos ke Final Liga Konferensi Eropa 2023

3. Fiorentina pernah meraih trofi kompetisi Eropa

Fiorentina Bisa Raih Trofi Kompetisi Eropa Kedua dalam Sejarah KlubSofyan Amrabat, pemain Fiorentina, saat melawan Sivasspor pada babak 16 besar Conference League 2022/2023. (uefa.com)

Di kompetisi Eropa, Fiorentina juga pernah berjaya. Pada musim 1960/61, mereka sukses menjuarai UEFA Cup Winners' Cup. Apiknya, ketika itu mereka mengalahkan klub asal Inggris Raya, yakni Glasgow Rangers (kini Rangers FC).

Trofi Conference League 2022/23 pun berpeluang jadi gelar kompetisi Eropa kedua yang didapat Fiorentina. Akan tetapi, tetap ada West Ham United yang harus mereka kalahkan lebih dulu.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya