Comscore Tracker

Formasi Perempat Final Piala Menpora 2021 Akhirnya Lengkap

Rata-rata merupakan tim besar

Jakarta, IDN Times - Gelaran fase grup Piala Menpora 2021 sudah tuntas. Delapan tim sudah memastikan diri lolos ke babak perempat final. Mereka yang lolos juga sebenarnya diprediksi bakal melaju ke perempat final.

Jadi, siapa saja yang sudah memastikan diri lolos ke perempat final? Lalu, kapan babak perempat final akan terlaksana?

1. Kejutan dari Barito Putera dan PSIS

Formasi Perempat Final Piala Menpora 2021 Akhirnya LengkapPersikabo vs PSIS. (Dok. Media Persikabo)

Baca Juga: [BREAKING] Gagal Menang Atas Persik, Persela Tunggu Nasib

Dari Grup A, Barito Putera dan PSIS Semarang mampu menghadirkan kejutan. Dengan bermodalkan banyak pemain muda di dalam skuadnya, mereka mampu lolos ke perempat final Piala Menpora sebagai perwakilan Grup A.

PSIS, meski hanya mengandalkan pemain muda seperti Tegar Infantrie dan Pratama Arhan, serta Barito Putera yang mengombinasikan Muhammad Firli, Beni Oktovianto, dengan senior macam Rizky Pora dan Bayu Pradana, mampu mengandaskan Arema FC dan Tira-Persikabo di Grup A.

Khusus untuk PSIS, mereka bahkan patut diacungi jempol lantaran menampilkan performa spartan selama fase grup. Tak heran, mereka lolos sebagai juara Grup A, didampingi Barito Putera.

2. Grup B dan C yang padat merayap hingga akhir

Formasi Perempat Final Piala Menpora 2021 Akhirnya LengkapPSS vs Persebaya. (ligaindonesiabaru.com)

Khusus untuk Grup B dan C, persaingannya sangat ketat hingga akhir. Perlu menunggu sampai pertandingan pamungkas untuk menentukan siapa yang lolos sebagai juara grup dan runner-up.

Dari Grup B, tiga nama, yakni PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Bhayangkara Solo FC, bersaing untuk dua tempat di perempat final. Dalam laga penentu, Persija mampu menundukkan Bhayangkara dengan skor 2-1. Mereka ditemani PSM yang tampil konsisten.

Sedangkan dari Grup C, Madura United, Persik Kediri, PS Sleman, dan Persela Lamongan berebut satu tempat untuk menemani Persebaya yang sudah memastikan diri lolos terlebih dulu. Di laga pamungkas, PSS akhirnya berhasil meraih satu tempat di perempat final usai mengalahkan Persebaya dengan skor tipis 1-0. Bahkan mereka jadi juara grup usai mengalahkan Bajul Ijo.

3. Jadwal perempat final Piala Menpora 2021

Formasi Perempat Final Piala Menpora 2021 Akhirnya LengkapIlustrasi. Persib vs Bali United. (Website/ligaindonesiabaru.com)

Seiring tuntasnya laga-laga fase grup, total sudah ada delapan tim yang memastikan diri melaju ke perempat final. Mereka adalah PSIS, Barito Putera, Persija, PSM, Persebaya, PSS, Persib, dan Bali United.

Berdasarkan regulasi, nantinya juara Grup A akan bertanding melawan runner-up Grup B, sedangkan juara Grup B bertanding melawan runner-up Grup A. Begitu juga juara Grup C bertanding melawan runner-up Grup D, sedangkan juara Grup D melawan runner-up Grup C. Babak perempat final akan menggunakan sistem gugur.

Sejauh ini, baru Stadion Kanjuruhan yang dipastikan bakal jadi venue perempat final, untuk laga yang mempertemukan tim-tim yang lolos dari Grup A dan B. Sedangkan venue untuk tim yang lolos dari Grup C dan D, masih belum ditentukan. Opsinya antara Maguwoharjo dan Si Jalak Harupat.

"Ya, keduanya jadi opsi (Stadion Si Jalak Harupat dan Stadion Maguwoharjo). Bisa saja dua-duanya dipakai untuk babak perempat final," ujar OC Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita.

Berikut adalah bagan dan jadwal dari perempat final Piala Menpora 2021

Jumat, 9 April 2021 - PSIS Semarang vs PSM Makassar (Malang, 18.15 WIB)

Sabtu, 10 April 2021 - Persija Jakarta vs Barito Putera (Malang, 18.15 WIB)

Minggu, 11 April 2021 - PSS Sleman vs Bali United (tempat belum ditentukan, 18.15 WIB)

Senin, 12 April 2021 - Persib Bandung vs Persebaya Surabaya (tempat belum ditentukan, 18.15 WIB)

Baca Juga: [BREAKING] Bekuk Persebaya, PSS Tembus Perempat Final Piala Menpora

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya