Gagal di Piala AFF, Timnas U-19 Bakal Berguru di Eropa 50 Hari

Timnas U-19 bersiap menuju Kualifikasi Piala Asia U-20

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae Yong, tidak mau larut dalam kesedihan selepas skuad Garuda Nusantara gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Malah, dia berencana mengadakan pemusatan latihan (TC) ke Eropa.

Tidak tanggung-tanggung, Shin merencanakan akan menggelar TC di Eropa selama 50 hari. Ada dua negara yang dikabarkan telah jadi tempat tujuan TC dari Ronaldo Kwateh dan kolega ini pada awal September mendatang.

"Dengan dukungan penuh dari Ketum PSSI, kami akan berangkat ke Eropa, kemungkinan ke dua negara di awal September. Kami bakal menggelar TC selama 50 hari di Eropa nanti," ujar Shin dalam sesi jumpa pers selepas laga lawan Myanmar, Minggu (10/7/2022).

1. Timnas U-19 juga akan TC di Jakarta

Gagal di Piala AFF, Timnas U-19 Bakal Berguru di Eropa 50 HariTimnas U-19 di laga lawan Thailand. (pssi.org)

Shin juga mengatakan, selain TC di Eropa, skuad Timnas U-19 bakal melakoni TC di Jakarta. Pemusatan latihan ini dilakukan dalam rangka persiapan jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 yang akan dihelat pertengahan September di Indonesia.

"Selain di Eropa, untuk TC berikutnya akan diadakan di Jakarta untuk menuju Kualifikasi Piala Asia U-20 2023," tutur Shin.

Baca Juga: Timnas U-19 Tersingkir di Piala AFF, Shin Tae Yong Kritisi Aturan Ini

2. Timnas U-19 siap bekerja maksimal di kualifikasi nanti

Gagal di Piala AFF, Timnas U-19 Bakal Berguru di Eropa 50 HariTimnas U-19 di laga lawan Thailand. (pssi.org)

Lebih lanjut, Shin Tae Yong juga menjanjikan skuad Timnas U-19 akan kembali tampil maksimal di ajang tersebut. Dari ajang Piala AFF U-19 2022 ini, dia merasa ada peningkatan kualitas yang ditunjukkan oleh anak-anak asuhnya.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin agar tim bisa lolos Kualifikasi Piala Asia U-20, dan mempersiapkan maksimal juga untuk Piala Dunia U-20," tutur eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

3. Kualifikasi Piala Asia U-20 digelar di Indonesia

Gagal di Piala AFF, Timnas U-19 Bakal Berguru di Eropa 50 HariPemain Timnas U-19 Indonesia saat mentas di Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza).

Merunut jadwal, Kualifikasi Piala Asia U-20 ini akan digelar pada 10 sampai 18 September mendatang. Indonesia jadi salah satu negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah oleh AFC untuk ajang kualifikasi ini.

Timnas U-19 tergabung di Grup F bersama Hong Kong, Timor Leste, dan negara yang sekarang tengah jadi perbincangan, yakni Vietnam. Skuad Garuda Muda bakal bersua lagi dengan tim Bintang Emas di kualifikasi nanti.

 

 

Baca Juga: Menang Telak, Indonesia Tetap Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya