Gagal di Piala Dunia 2022, Brasil Siap Lakukan Revolusi

Brasil akan berbenah total

Jakarta, IDN Times - Brasil kembali tampil mengecewakan di Piala Dunia 2022. Alih-alih melaju jauh, tim Selecao kembali terhenti di babak yang sudah karib mereka jajaki, yakni perempat final.

Sejak 2006 silam, tercatat hanya sekali Brasil sukses melewati babak perempat final. Itu terjadi pada 2014 silam, ketika mereka sukses menjejakkan kaki di semifinal. Sayang, di babak itu, Brasil dibungkam 1-7 oleh Jerman.

Sisanya, pada 2006, 2010, 2018, dan 2022, Brasil selalu terhenti di babak perempat final. Macam-macam lawan menghentikan mereka, mulai dari Prancis, Belanda, Belgia, hingga teranyar Kroasia.

Buah dari kegagalan di Qatar ini, Brasil berencana melakukan revolusi. Seperti apa revolusi yang akan mereka lakukan?

1. Mencari sosok pengganti Tite

Gagal di Piala Dunia 2022, Brasil Siap Lakukan Revolusipotret Tite (sport360.com)

Langkah revolusi pertama yang ditempuh Brasil adalah mencari pengganti Tite. Sudah enam tahun Tite melatih Brasil, dan selama itu, dia sukses mempersembahkan 60 kemenangan, 15 hasil imbang, dan satu kekalahan dari 81 laga.

Tite sendiri sudah memutuskan tidak akan jadi pelatih Brasil lagi selepas Piala Dunia 2022. Dia ingin beristirahat, apalagi dia juga dikritik karena dianggap gagal lagi membawa Brasil melangkah jauh di Piala Dunia.

Ada beberapa nama yang diprediksi akan jadi pengganti Tite, seperti Abel Fereira, Fernando Diniz, Dorival Junior, hingga Mano Menezes. Namun, belum ada sosok resmi yang ditunjuk Federasi Brasil, CBF.

Baca Juga: Misi Prancis Hentikan Kutukan Juara Bertahan, Samai Brasil

2. Skuad Brasil yang akan mengalami peremajaan

Gagal di Piala Dunia 2022, Brasil Siap Lakukan RevolusiBrasil vs Korea Selatan di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine)

Tidak hanya dari sisi pelatih, skuad Brasil juga diprediksi akan mengalami peremajaan. Nama-nama muda macam Eder Militao, Lucas Paqueta, Vinicius Junior, dan Richarlison diprediksi akan jadi tumpuan tim.

Nah, nama-nama senior macam Thiago Silva dan Dani Alves, diprediksi akan menepi dari skuad. Silva sudah memastikan, tidak akan ambil bagian di Piala Dunia 2026. Sedangkan Alves, dia belum memberi jawaban pasti.

Tentunya, di Piala Dunia 2026, atau Copa America 2024 mendatang, diperkirakan akan banyak nama-nama baru yang mengisi skuad Brasil. Apalagi, banyak juga talenta-talenta apik yang bermunculan dalam beberapa waktu terakhir.

3. Bagaimana nasib Neymar?

Gagal di Piala Dunia 2022, Brasil Siap Lakukan RevolusiNeymar (instagram.com/neymarjr)

Di tengah rencana revolusi ini, menarik untuk menelisik, bagaimana nasib Neymar? Dikabarkan, Neymar juga berencana untuk pensiun dini dari skuad Brasil, usai gagal membawa negaranya berprestasi di tiga Piala Dunia.

"Jika saya berkata bahwa saya akan pensiun, tentu saya akan segera mengabarkannya. Namun, untuk saat ini, saya belum bisa menjamin apa-apa," kata Neymar ketika ditanya soal nasibnya bersama timnas.

Kendati demikian, tampak jelas bahwa Brasil di Piala Dunia 2026, atau bahkan Copa America 2024 mendatang, bakal menampilkan wajah baru. Tentunya, semua demi prestasi yang sudah lama menjauh dari Selecao.

Baca Juga: Neymar Isyaratkan Pensiun, Tite Mundur dari Brasil

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya