Gareth Southgate Pecahkan Rekor Seperempat Abad Inggris

Gareth Southgate tidak melakukan pergantian pemain

Jakarta, IDN Times - Gareth Southgate kembali menorehkan catatan spesial untuk Timnas Inggris. Dia menjadi pelatih Inggris pertama, sejak 1996, yang tidak melakukan pergantian pemain sepanjang laga. Catatan ini dia dapat ketika skuad The Three Lions bersua Polandia, Kamis dini hari WIB (9/9/2021).

Dalam laga bertajuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang dihelat di Warsawa tersebut, Southgate sama sekali tidak melakukan pergantian, baik itu di babak pertama hingga kedua. Di sisi lain, Polandia memanfaatkan jatah yang ada dengan melakukan lima pergantian pemain.

1. Southgate samai catatan Terry Venables

Gareth Southgate Pecahkan Rekor Seperempat Abad Inggrisskysports.com

Dilansir Metro, manajer Inggris terakhir yang tidak melakukan pergantian sepanjang laga adalah Terry Venables. Itu terjadi pada 1996 silam, ketika Inggris bertempur di semifinal Piala Eropa melawan Jerman.

Uniknya, kala itu Southgate masih berstatus sebagai pemain. Inggris pun gagal memenangi laga tersebut setelah kalah adu penalti dari Jerman. Sialnya, eksekutor Inggris yang gagal ketika itu salah satunya adalah Southgate.

Baca Juga: Mimpi Buruk Gareth Southgate yang Terulang di Piala Eropa

2. Southgate merasa tidak perlu mengganti pemain

Gareth Southgate Pecahkan Rekor Seperempat Abad InggrisInggris vs Polandia. (twitter.com/England)

Southgate pun menjabarkan alasan kenapa tidak memanfaatkan jatah pergantian pemain di laga lawan Polandia. Menurutnya, itu memang hal yang tidak perlu dilakukan, karena Inggris benar-benar mengatur laga dan para pemain tampil baik.

"Saya rasa para pemain berlaga dalam ritme yang bagus di laga ini (lawan Polandia). Kami juga mendominasi pertandingan, sehingga pergantian pemain berpotensi merusak harmonisasi yang sudah ada," tutur Southgate selepas pertandingan.

3. Awalnya, Southgate mau melakukan pergantian

Gareth Southgate Pecahkan Rekor Seperempat Abad InggrisInggris vs Polandia. (twitter.com/England)

Kendati begitu, Southgate mengakui awalnya ingin melakukan pergantian pemain. Apalagi, Inggris sempat mengalami kebuntuan sampai menit 72, sebelum akhirnya Harry Kane mencetak gol.

"Saya sempat ingin melakukan pergantian, lalu gol datang dan akhirnya saya tidak jadi melakukannya. Bisa jadi beban tersendiri bagi pemain yang masuk, ketika tim sudah harmonis dan yang masuk ini harus menyesuaikan diri," ujar Southgate.

Inggris gagal memenangi laga ini setelah gol Kane disamakan pemain Polandia, Damian Szymanski, tepat jelang laga tuntas. Laga berakhir 1-1, tetapi Inggris masih memuncaki klasemen Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan torehan 16 poin.

Baca Juga: Aksi Jantan Southgate Bela Trio Inggris yang Gagal Penalti

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya