Comscore Tracker

Garuda Select Jilid Tiga Dimulai, PSSI: Banyaklah Belajar di Eropa!

Garuda Select akan terbang lagi ke Inggris

Jakarta, IDN Times - Garuda Select jilid ketiga akhirnya resmi dilepas. Mereka dijadwalkan akan bertolak ke Inggris pada Kamis (3/12/2020) malam WIB.

Dalam proses pelepasan tersebut, hadir pula Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita, Perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso, serta turut hadir juga Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, lewat komunikasi virtual.

1. Para pemain Garuda Select diharapkan banyak belajar di Eropa

Garuda Select Jilid Tiga Dimulai, PSSI: Banyaklah Belajar di Eropa!Pelepasan Garuda Select III (Dok. Mola TV)

Maaike Ira dalam sambutannya mengapresiasi program Garuda Select yang sudah berlangsung hingga jilid ketiga ini. Ia pun berharap para pemain yang ikut program ini dapat menjadi tumpuan Timnas Indonesia di masa depan.

"PSSI memiliki cita-cita besar dalam pengembangan usia muda. Target pencapaian terhadap cita-cita tersebut salah satunya dilakukan dengan melaksanakan beberapa program kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah program akselerasi pembinaan pemain antara PSSI dengan Mola TV yang pada tahun 2020 ini merupakan gelaran yang ketiga kalinya,” kata Ira dalam siaran pers yang diterima IDN Times.

“PSSI berharap semua pemain bisa terus meningkatkan kualitas individu mereka. Jangan cepat menyerah dalam menimba ilmu selama mengikuti program di Eropa agar kelak menjadi tumpuan tim nasional,” tambahnya.

Lebih jauh, Mirwan selaku perwakilan Mola TV juga berharap adanya program ini dapat menjadi sarana belajar bagi para pemain. Mereka diharapkan dapat meraih sesuatu dari pengalaman main di Eropa, termasuk peningkatan kualitas individu.

"Tolok ukur keberhasilan dari program ini adalah para pemain mampu meningkatkan performa dari hari ke hari dari latihan yang didapat,” kata Mirwan.

“Nantinya para pemain akan digabungkan dengan beberapa pemain dari negara lain untuk melatih keberanian serta mental mereka. Jadi, mereka juga bisa mempelajari budaya dari bangsa lain sebagai bekal mereka nanti,” lanjut dia.

Baca Juga: Uji Coba ke Jerman, Garuda Select Berpeluang Tantang Bayern Munich

2. Ada beberapa pemain Garuda Select jilid kedua yang dipilih lagi

Garuda Select Jilid Tiga Dimulai, PSSI: Banyaklah Belajar di Eropa!Pelepasan Garuda Select III (Dok. Mola TV)

Selain menyeleksi pemain-pemain baru, ada tiga pemain lama yang ikut terpilih kembali dalam seleksi Garuda Select jilid ketiga ini. Mereka adalah Fernando Pamungkas, Edgard Amping, dan Rafli Asrul. Mereka diharapkan dapat membantu pemain-pemain lain beradaptasi.

Peran mereka ini serupa dengan apa yang dijalani Bagus, Brylian, serta David Maulana dalam Garuda Select jilid kedua. Fernando mengungkapkan siap membantu para pemain lain untuk beradaptasi dengan lingkungan di Eropa.

“Sejauh ini biasanya mereka sering bertanya kepada saya soal kondisi di Inggris. Saya kasih tahu harus jaga kondisi karena cuaca di sana berbeda dengan di sini, banyak hal baru yang akan didapat di sana. Kalau untuk kekompakan, saya yakin tidak ada masalah karena komunikasi berjalan lancar,” kata Fernando.

3. Apa itu program Garuda Select?

Garuda Select Jilid Tiga Dimulai, PSSI: Banyaklah Belajar di Eropa!Seleksi Garuda Select angkatan III. (Dok Garuda Select).

Garuda Select merupakan program dari PSSI dan Mola TV untuk pengembangan bakat-bakat muda Indonesia. Tujuan utama program ini adalah untuk menanamkan sikap profesionalisme kepada pemain, sehingga kelak mereka bisa berkembang dalam dunia sepak bola profesional.

Setiap musimnya, Garuda Select memilih bakat-bakat terbaik Indonesia untuk ditempa secara intensif di Eropa. Kriteria pemilihan bakat dilakukan berdasarkan penilaian atas potensi mereka untuk berkembang di masa depan.

Baca Juga: Kesan Duo Ramang Muda Rafli - Edgard Lolos Lagi Garuda Select ke Eropa

Topic:

Berita Terkini Lainnya