GBK Fokus ke Piala Dunia U-20 2023, Event Lain Nanti Dulu!

Piala AFF 2022 bisa saja tak digelar di GBK

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Rakhmadi Afif Kusumo berujar, sekarang Gelora Bung Karno (GBK) berfokus untuk Piala Dunia U-20 2023. Untuk event lain, akan mereka kesampingkan dulu.

"Sebagai organisasi sepak bola terbesar di dunia, FIFA sudah memberikan kepercayaan dan amanah (untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023). Itu jadi kebanggaan buat kami. Jadi, kami fokus dahulu ke agenda utama kami, Piala Dunia U-20," ujar Rakhmadi di Kemenpora, Rabu (9/11/2022).

1. Penggunaan untuk Piala AFF 2022 harus lewat izin FIFA

GBK Fokus ke Piala Dunia U-20 2023, Event Lain Nanti Dulu!Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berujar, terkait pemakaian Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Piala AFF 2022 harus melalui izin FIFA. Sebab, GBK akan jadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2023.

"Saya sudah sampaikan surat ke FIFA untuk beberapa hal dan memberikan jaminan bahwa venue-venue baik yang utama (lapangan pertandingan) dan (lapangan) latihan yang ditunjuk itu akan dijaga sampai selesai event (Piala Dunia U-20),” ujar Amali.

Baca Juga: Pemakaian GBK untuk Piala AFF 2022 Harus Lewat Izin FIFA

2. PPK GBK ikut koordinasi dengan FIFA

GBK Fokus ke Piala Dunia U-20 2023, Event Lain Nanti Dulu!Dirut PPK GBK, Rakhmadi Afif. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lebih lanjut, Rakhmadi berujar bahwa pihaknya bersama Kemenpora akan turut berkoordinasi dengan FIFA. Hal itu semata untuk memastikan apakah GBK bisa digunakan untuk Piala AFF 2022 atau tidak.

"Kami bersama Kemenpora akan berkomunikasi langsung dengan tim FIFA menanyakan hal tersebut (Piala AFF 2022). Kalau dalam jadwal di bulan November ini (terkait putusan FIFA). Namun, secara komunikasi kami ingin mempercepat," ujar Rakhmadi.

3. Ada Stadion Pakansari dan Patriot

GBK Fokus ke Piala Dunia U-20 2023, Event Lain Nanti Dulu!Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi/antarafoto

Amali berujar bahwa ada beberapa alternatif stadion lain yang bisa dipakai Timnas Indonesia untuk jadi kandang di Piala AFF 2022. Ada Stadion Pakansari dan Stadion Patriot Chandrabhaga. Khusus GBK, dia mengaku tetap harus ada izin FIFA.

"Nah, (untuk) sementara kegiatan non-Piala Dunia U-20 2023 masih belum dibolehkan di GBK, bahkan Piala AFF 2022. Tapi saya sudah komunikasi dengan PSSI, mereka ada alternatif lain. Ada Stadion Patriot atau Stadion Pakansari,” ujar Amali.

Baca Juga: Beda Persepsi Menpora dan Regulasi FIFA Soal Penutupan GBK

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya