Gemilang Prestasi Mesut Oezil Sepanjang Karier

Nyatanya, Mesut Oezil bergelimang gelar

Jakarta, IDN Times - Keputusan mengejutkan diambil Mesut Oezil. Jelang Ramadan 1444 H, eks penggawa Werder Bremen, Real Madrid, dan Arsenal, itu memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional.

Lewat akun Twitter pribadinya, Oezil mengaku mengambil keputusan untuk pensiun lantaran kondisi fisiknya yang sudah tidak memungkinkan. Badai cedera terus menghantamnya, sehingga kariernya tersendat.

"Setelah pertimbangan yang begitu berat, saya mengumumkan pensiun dari sepak bola profesional. Saya mendapatkan keistimewaan menjadi pesepak bola profesional dengan bermain selama 17 tahun dan begitu bersyukur atas kesempatan ini," ujar Oezil dalam surat terbukanya di akun Twitternya.

Nah sekarang, mari kita sama-sama mengenang, catatan manis apa saja yang sudah pernah Oezil torehkan selama karier.

1. Menjuarai DFB Pokal bersama Werder Bremen

Gemilang Prestasi Mesut Oezil Sepanjang KarierMesut Oezil (twitter.com/M10)

Pada musim 2008/09, Oezil mendapatkan trofi profesional pertamanya bersama Werder Bremen. Ketika itu, dia sukses menyabet trofi DFB Pokal, usai mengalahkan Bayer Leverkusen di final.

Bersama Naldo, Claudio Pizzaro, Diego Ribas, Torsten Frings, hingga Tim Wiese, Oezil membawa Bremen tampil ciamik. Dia juga jadi pencetak gol tunggal kemenangan Bremen di laga tersebut.

Baca Juga: Mesut Oezil Putuskan Pensiun Jelang Ramadan

2. Meraih trofi Piala Dunia bersama Timnas Jerman

Gemilang Prestasi Mesut Oezil Sepanjang KarierLionel Messi dan Mesut Oezil berebut bola di Piala Dunia 2014. (fifa.com)

Bersama Jerman, Oezil juga menorehkan prestasi ciamik. Prestasi itu dimulai bersama Jerman U-21. Pada 2009, Oezil mengantarkan Jerman U-21 menjuarai Piala Eropa U-21, mengalahkan Inggris di final.

Ketika itu, Oezil mentas bersama generasi emas Jerman macam Manuel Neuer, Benedikt Howedes, Jerome Boateng, Mats Hummes, Sami Khedira, dan Marcel Schmelzer. Generasi ini juga yang jadi tumpuan Jerman di Piala Dunia 2014.

Di Brasil, Oezil membantu Jerman tampil gemilang dalam Piala Dunia 2014. Dia sukses membawa Die Mannschaft merebut trofi Piala Dunia usai mengalahkan Argentina yang diperkuat Lionel Messi di final.

3. Raihan trofi bersama Real Madrid dan Arsenal

Gemilang Prestasi Mesut Oezil Sepanjang Karieren.as.com

Tidak cuma bersama Timnas, raihan apik Oezil juga masih berlanjut di level klub. Selepas membawa Jerman meraih peringkat tiga Piala Dunia 2010, Oezil membawa Real Madrid meraih trofi LaLiga di musim 2011/12.

Oezil juga sukses menyumbangkan beberapa trofi penting untuk Arsenal. Dia meraih empat gelar Piala FA, serta satu trofi Community Shield pada 2014. Dia juga meraih Arsenal Player of the Season pada musim 2015/16.

Total, Mesut Oezil menorehkan 114 gol dan 222 assist dari 645 laga di semua kompetisi. Kini, si master asis dan penyihir area sepertiga akhir itu memutuskan untuk pensiun.

Baca Juga: Mesut Oezil Main di Indonesia? Ternyata Cuma Rumor Saja

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya