Georginio Wijnaldum Merapat, Lini Tengah PSG Kian Mengerikan

PSG jadi punya gelandang petarung

Jakarta, IDN Times - Setelah sempat dirumorkan akan merapat ke Barcelona, Georginio Wijnaldum akhirnya mengubah haluan. Penggawa Timnas Belanda itu resmi merapat ke Paris Saint-Germain (PSG), selepas kontraknya bersama Liverpool habis.

Dilansir situs resmi klub, PSG mengikat Wijnaldum dengan kontrak sampai 30 Juni 2024 mendatang. Bagi eks pemain Feyenoord dan Newcastle tersebut, membela PSG merupakan tantangan baru baginya, setelah lima musim yang penuh kenangan bersama Liverpool.

"Bergabung dengan PSG jadi tantangan baru untuk saya. Saya bergabung dengan salah satu tim terbaik di Eropa dan saya berkomitmen untuk terlibat dalam proyek ambisius bersama PSG ini," ujar Wijnaldum.

Baca Juga: Tawaran Gaji PSG Lebih Menggiurkan, Wijnaldum Batal ke Barcelona

1. Wijnaldum meraih banyak prestasi bersama Liverpool

Georginio Wijnaldum Merapat, Lini Tengah PSG Kian MengerikanGeorginio Wijnaldum (football365.com)

Selain berprestasi bersama PSV Eindhoven, Wijnaldum menorehkan banyak prestasi dalam lima musim kebersamaannya dengan Liverpool. Satu gelar Liga Champions, satu gelar Piala Super Eropa, dan satu gelar Piala Dunia Antarklub sukses dipersembahkan Wijnaldum.

Tidak cuma itu, Wijnaldum juga jadi bagian dari skuat Liverpool yang menjuarai Premier League 2019/20. Gelar itu jadi pelepas dahaga 'Si Merah', setelah terakhir kali menjuarai Liga Inggris di musim 1989/90.

2. Wijnaldum adalah gelandang komplet

Georginio Wijnaldum Merapat, Lini Tengah PSG Kian MengerikanWijnaldum menggiring bola dengan ban kapten. (twitter.com/GWijnaldum)

Menilik gaya bermain Wijnaldum, ia adalah pemain yang andal dalam memainkan peran box-to-box midfielder. Ia punya stamina dan kemampuan fisik yang apik untuk menjelajah seluruh sudut lini tengah. Ia juga andal dalam menyerang dan bertahan.

Kemampuan fisik Wijnaldum ini ditopang juga oleh tekniknya yang mumpuni. Persentase umpan sukses Wijnaldum selama membela Liverpool terbilang tinggi, yakni 90%. Ia juga andal merebut bola dari lawan dan berani berduel dengan pemain tengah lawan.

Yang membuat Wijnaldum makin menakutkan, ia juga lihai mencetak gol. Ia mencetak 11 gol untuk Newcastle, 25 gol bersama Feyenoord, 56 gol bersama PSV, dan 22 gol bersama Liverpool. Ia juga sukses mencetak 22 gol bersama Timnas Belanda.

Wijnaldum sendiri jadi pemain Belanda keenam yang membela PSG, setelah Kees Kist, Pierre Vermuelen, Gregory van der Wiel, Xavi Simons, dan Mitchel Bakker. Limpahan pengalaman Wijnaldum bersama Liverpool dan Timnas Belanda juga akan jadi nilai tambah untuk PSG.

Baca Juga: 7 Calon Pengganti Georginio Wijnaldum di Liverpool, Siapa Saja Mereka?

3. Apa yang bisa diberikan Wijnaldum untuk PSG?

Georginio Wijnaldum Merapat, Lini Tengah PSG Kian Mengerikanknvb.com

Dengan kemampuannya yang komplet sebagai pemain tengah, Wijnaldum dapat membuat lini tengah PSG makin mengerikan. Selain itu, jika memang nantinya pelatih PSG masih Mauricio Pochettino, ia akan sesuai dengan skema dari sosok asal Argentina tersebut.

Hadirnya Georginio Wijnaldum juga akan membuat kinerja dari Marco Verratti maupun Leandro Paredes di lini tengah jadi lebih ringan. Kemampuannya sebagai gelandang box-to-box akan menjadi senjata ampuh PSG untuk menguasai duel-duel di lini tengah.

Baca Juga: Gianluigi Donnarumma ke PSG, Jadi Kiper Utama Gantikan Keylor Navas

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya