Giant Killing Lagi di Piala FA, Leeds United Dipermalukan Crawley Town

Crawley Town tampil trengginas

Jakarta, IDN Times - Sussex berbahagia. Crawley Town, secara tak diduga, menundukkan Leeds United dalam babak ketiga Piala FA yang dihelat di Peoples Pension Stadium, Minggu (10/1/2021). Tidak tanggung-tanggung, Crawley mengalahkan Leeds tiga angka tanpa balas.

Memang, tidak ada keramaian yang terlihat di Sussex, karena Inggris tengah menjalankan lockdown. Pesta yang mungkin sedianya dapat terlaksana harus tertahan. Akan tetapi, kebahagiaan tetap menyeruak. Pelatih Crawley, John Yems, bahkan menyuruh para pemainnya merayakan kemenangan ini.

"Saya sudah memberi tahu kepada para pemain untuk berpesta (selepas laga). Namun, ingat, jangan sampai kelayapan terlalu jauh sehingga nanti telat di sesi latihan!", ujar Yems, dilansir BBC.

1. Crawley adalah tim dari divisi empat Liga Inggris

Giant Killing Lagi di Piala FA, Leeds United Dipermalukan Crawley TownCrawley Town. (Twitter.com/crawleytown)

Kemenangan ini terasa begitu spesial jika mengingat kondisi Crawley saat ini. Sekadar informasi, mereka masih berkompetisi di League Two per musim ini. League Two sendiri adalah kompetisi level keempat sepak bola Inggris, setelah Premier League, Championship, dan League One.

Di League Two 2020/21, penampilan Crawley memang bisa dibilang lumayan. Mereka saat ini menduduki peringkat enam klasemen sementara, dengan torehan 34 poin. Mereka berpotensi untuk menembus League One musim depan.

Baca Juga: Roses Derby, Duel Panas Man United Kontra Leeds Beraroma Kolosal

2. Bukan Giant Killing pertama Crawley

Giant Killing Lagi di Piala FA, Leeds United Dipermalukan Crawley TownCrawley Town. (Twitter.com/crawleytown)

Sejatinya, kemenangan atas Leeds di babak ketiga Piala FA 2020/21 ini bukan Giant Killing pertama yang dilakukan Crawley. Pada musim 2010/11 silam, Crawley juga sempat melakukan hal serupa. Bedanya, saat itu mereka masih berkutat di National League, kompetisi level kelima sepak bola Inggris.

Secara luar biasa, Crawley mampu menundukkan Derby County yang notabene tim Championship dengan skor 2-1. Ketika itu, Craig McAllister dan Sergio Torres menjadi pahlawan kemenangan Crawley lewat satu gol yang masing-masing mereka cetak.

3. Piala FA memang tempatnya Giant Killing berada

Tak bisa dimungkiri, kemenangan Crawley atas Leeds ini menegaskan jika Piala FA merupakan tempatnya Giant Killing berada. Kerap terjadi momen ketika tim-tim dari divisi lebih bawah, mampu menjungkalkan tim-tim yang berada di divisi lebih atas.

Salah satu Giant Killing yang luar biasa pernah terjadi pada musim 2017/18. Ketika itu, Wigan Athletic yang berlaga di League One mampu menundukkan Manchester City dengan skor 1-0. Will Grigg, nama yang mendadak fenomenal di ajang Euro 2016, jadi penentu kemenangan Wigan saat itu.

Situasi serupa juga pernah terjadi pada musim 2014/15. Bradford City, tim yang kala itu berkompetisi di League One, mampu menundukkan Chelsea dengan skor 4-2. Jonathan Stead, Filipe Morais, Andrew Halliday. dan Mark Yeates jadi pencetak gol buat Bradford saat itu.

Nah, sekarang, mari kita nantikan, usai mengalahkan Leeds United, sejauh apakah Crawley Town akan melangkah?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya