Gol Tak Disahkan, Tepatkah Keputusan Wasit di Laga Persija vs MU?

Ada kontroversi di akhir laga Persija lawan Madura United

Jakarta, IDN Times - Kontroversi terjadi di laga antara Persija Jakarta lawan Madura United di Stadion Patriot Chandrabhaga, Sabtu (17/9/2022) malam. Kontroversi ini terjadi tepat sebelum laga tuntas.

Madura United sejatinya sempat mencetak gol jelang laga tuntas. Bermula dari aksi Andritany Ardhiyasa yang maju ke tengah lapangan, tendangannya meleset. Bola dikuasai Reva Adi Utama yang kemudian melepaskan tendangan jarak jauh.

Tendangan Reva mengenai tiang gawang dan bola memantul ke depan gawang. Bola kemudian disambar Lulinha dan menjadi gol, tetapi wasit tidak mengesahkan gol itu, karena keburu meniup peluit panjang tanda akhir laga.

Keputusan wasit inilah yang jadi kontroversi. Namun, apakah memang keputusan wasit ini sudah tepat?

1. Menilik Laws of The Game soal durasi laga

Gol Tak Disahkan, Tepatkah Keputusan Wasit di Laga Persija vs MU?Ilustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Perkara durasi laga, sudah diatur oleh Laws of The Game, tepatnya di pasal tujuh. Jadi, di laga Persija lawan Madura United ini, wasit memberikan waktu tambahan tiga menit di akhir babak kedua. Reva menendang bola saat laga memasuki menit 94:42.

Nah, hanya satu detik sebelumnya, wasit sudah meniup peluit panjang pertanda laga tuntas. Dalam Laws of The Game, tak ada aturan yang menyebut bahwa wasit tidak boleh menghentikan laga saat tim dalam kondisi menyerang.

Memang, dalam beberapa kejadian, wasit baru meniup peluit tanda akhir laga saat tim yang menyerang membuang bola ke luar lapangan. Namun, ini bukanlah aturan. Ada pilihan bagi wasit untuk menghentikan laga saat tim sedang menyerang.

Baca Juga: Persija Ditahan Imbang Madura United, Thomas Doll: Pemain Sedih

2. Tepatkah keputusan wasit di laga Persija vs Madura United?

Gol Tak Disahkan, Tepatkah Keputusan Wasit di Laga Persija vs MU?Persija lawan Sabah FC. (Dok. Persija)

Menilik Laws of The Game di atas, sejatinya keputusan wasit tidak mengesahkan gol Lulinha sudah tepat. Apalagi, dalam laga kejadian tersebut, masa tambahan waktu sudah usai. Jadi, wasit sejatinya memang berhak menghentikan laga.

Kejadian serupa juga sempat terjadi di beberapa liga luar negeri. Wasit tidak mengesahkan gol ketika dia sudah meniup peluit akhir tanda laga usai. Beda cerita jika wasit meniup peluit saat bola sudah ditendang dan bola masuk ke gawang.

Dalam basket, istilah semacam ini disebut buzzer beater. Jadi, poin akan tetap dihitung jika bola yang dilempar pemain jelang peluit berakhirnya kuarter tuntas masuk ke keranjang.

Andai saja tembakan Reva Adi Utama yang masuk, maka gol mungkin akan terjadi bagi Madura United. Sayangnya, hal itu tidak terjadi.

3. Protes keras dari Madura United

Gol Tak Disahkan, Tepatkah Keputusan Wasit di Laga Persija vs MU?Madura United di ajang Liga 1 2022/23. (ligaindonesiabaru.com)

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes, mengungkapkan bahwa sebenarnya, wasit bisa mengakhiri laga ketika Andritany memegang bola. Namun, wasit malah meniup peluit saat Reva menendang bola. Hal inilah yang jadi perhatiannya.

"Bola ada sama Andritany, dia coba menendang jauh. Kalau dia dapat shoot, itu bagus. Apakah setelah itu habis pertandingan? Tidak. Karena di sini bisa jadi masalah besar. Lalu kita dapat bola. Tidak usah kita bicarakan apa yang terjadi. Lihat saja rekaman pertandingan," ujar Fabio dalam sesi jumpa pers selepas laga.

Laga Persija lawan Madura United ini sendiri berakhir imbang 0-0. Buah dari hasil ini, 'Laskar Sape Kerrap' tetap jadi pemuncak klasemen sementara. Sedangkan 'Macan Kemayoran', mereka harus tertahan di peringkat empat klasemen sementara.

Baca Juga: Ismed Sofyan: Bukan Saya Meninggalkan Persija

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya