Hadiah Ulang Tahun ke-92, Persija Dapatkan Lisensi Klub AFC 

Hal ini terjadi setelah banding mereka diterima

Jakarta, IDN Times - Kabar baik menghampiri Persija Jakarta. Mereka akhirnya mendapatkan lisensi klub profesional AFC. Mereka pun bisa tampil di kompetisi yang dihelat AFC nantinya, entah itu AFC Cup atau Liga Champions Asia.

Macan Kemayoran sebelumnya sempat dinyatakan tidak mendapatkan lisensi klub profesional AFC. Alhasil, Persija langsung mengajukan banding secara resmi, disertai Nota Permohonan Banding yang disampaikan pada Kamis, 26 November 2020.

1. Banding Persija diterima

Hadiah Ulang Tahun ke-92, Persija Dapatkan Lisensi Klub AFC ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pihak PSSI melalui Komite Banding Club Licensing kemudian melakukan pemeriksaan dokumen dan nota permohonan banding milik Persija, dengan nomor 235/PJJ/LIGA_1/XI-2020 tanggal 25 November 2020. Setelah pemeriksaan usai, permohonan banding Persija pun diterima.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengungkapkan bahwa dengan diterimanya banding Persija ini, mereka berhak mendapatkan lisensi klub profesional AFC. Ia pun berpesan agar ke depannya, Persija melakukan proses input dokumen secara benar.

"Itu tidak terlepas dari akibat ketidaksempurnaan dari managemen PT Persija Jaya Jakarta pada saat proses club licensing sebelumnya. Terlebih lagi ada kesalahan input dokumen pada sistem club licensing. Tapi tentunya kami PSSI menerima segala masukan, dokumen, bukti yang ada,” ujar Yunus Nusi, dilansir situs resmi PSSI.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-92, Ini 3 Fakta Menarik soal Persija

2. Persija mengikuti jejak klub lain

Hadiah Ulang Tahun ke-92, Persija Dapatkan Lisensi Klub AFC ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Sebelum Persija mendapatkan lisensi klub profesional AFC, ada beberapa klub lain yang juga sudah mendapatkannya. Mereka adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib, dan Arema FC.

Persija juga sejatinya sudah pernah mengantongi lisensi ini di tahun-tahun sebelumnya, karena mereka pernah mengikuti ajang AFC Cup 2018 dan 2019. Proses club licensing ini memang berlangsung setiap tahun. Khusus di tahun 2020, 18 klub Liga 1 mengikuti proses club licensing ini.

3. Apa itu AFC Club Licensing?

Hadiah Ulang Tahun ke-92, Persija Dapatkan Lisensi Klub AFC Suasana rapat daring komite eksekutif Asian Football Confederation (AFC) pada hari Kamis (10/9/2020). (the-afc.com)

Proses AFC Club Licensing sendiri, dilansir situs resmi PSSI, merupakan proses verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional. AFC selaku otoritas sepak bola Asia menerapkan ini ke semua klub yang berlaga di bawah naungan mereka.

Ada beberapa kriteria yang mesti dipenuhi klub dalam proses club licensing ini. Kriteria-kriteria itu mencakup aspek sporting, infrastruktur, personel dan administrasi, legal, dan keuangan. Jika kriteria ini terpenuhi, klub akan dapat lisensi dari AFC.

Selain sebagai acuan standar profesional, lisensi klub profesional AFC yang didapatkan nantinya akan jadi syarat. Agar klub bisa mengikuti AFC Cup atau Liga Champions Asia, klub mesti punya lisensi AFC ini. Nah, kini, Persija memilikinya juga.

Baca Juga: Sambangi Stadion JIS Bersama Anies Baswedan, Ini Kata Bos Persija

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya