Comscore Tracker

Hadiah Ultah Anies buat Persija, Komitmen Pembangunan Stadion Baru

Pembangunan stadion baru sudah mencapai 36,7 persen

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tak ketinggalan ikut merayakan ulang tahun ke-92 Persija Jakarta. Ia mengikuti acara peringatan ulang tahun secara virtual dari kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan ini, Anies pun memberikan hadiah khusus buat Persija. Hadiah itu berupa komitmen dalam pembangunan stadion Jakarta International Stadium (JIS) yang kelak akan jadi markas Persija.

"Sekarang, kita sama-sama berharap, InsyaAllah stadion yang dulunya hanya ada di dalam gambar, stadion yang adanya dalam percakapan, hari ini stadion itu sudah pelan-pelan akan menjadi kenyataan bagi Jakarta," ujar Anies dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Sabtu (27/11/2020).

"Dan ini artinya rumah buat kita semua. Kita jalani ini dengan rendah hati. Kita jalani ini dengan kerja keras. Kita jalaninya dengan tabah. InsyaAllah nantinya stadion akan menjadi kebanggaan kita semua," lanjutnya.

1. Anies jabarkan sejarah panjang Persija

Hadiah Ultah Anies buat Persija, Komitmen Pembangunan Stadion BaruANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Anies juga sempat menjabarkan sejarah panjang dari Persija Jakarta. Ia menyebut Persija turut serta dalam berdirinya PSSI pada 19 April 1930 di Yogyakarta, bersama Persib, Persebaya, PPSM Magelang, PSM Madiun, Persis, dan PSIM Yogyakarta.

Anies juga menjelaskan Persija adalah tim yang rutin mengoleksi trofi kompetisi Perserikatan, plus dua trofi Liga Indonesia pada 2001 dan 2018. Macan Kemayoran juga kerap meraih prestasi di berbagai turnamen internasional, serta menelurkan talenta-talenta berbakat.

"Dan dari Persija lahir pemain-pemain hebat. Tan Liong Houw, Sinyo Aliandoe, Soetjipto Soentoro, Iswadi Idris, dan yang sekarang Bambang Pamungkas. Ini semua adalah legenda-legenda, tapi Persija tidak berhenti di situ. Saya percaya bahwa Persija bukan sebuah tim tua, ini tim muda," ujar Anies.

Baca Juga: Hadiah Ulang Tahun ke-92, Persija Dapatkan Lisensi Klub AFC 

2. Anies minta soliditas Persija dan The Jakmania ditingkatkan

Hadiah Ultah Anies buat Persija, Komitmen Pembangunan Stadion BaruANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Selain menjelaskan soal sejarah Persija serta komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam pembangunan stadion baru, Anies juga berpesan agar soliditas antara Persija dan The Jakmania ditingkatkan. Ia merasa The Jakmania adalah pemompa semangat Persija dalam setiap kesempatan.

"The Jak adalah pompa semangat bagi Persija. The Jak adalah simpul yang mempersatukan warga Jakarta. Karena itu saya berharap Persija, The Jakmania, dan kita semua benar-benar menjadi satu kesatuan," tutur Anies.

"Dan peringatan 92 tahun Persija menjadi kesempatan untuk memperkuat soliditas di antara kita. Begitu juga dengan seluruh pengurus di Persija, kita berharap kolaborasi kita makin baik. Kami di Pemprov DKI Jakarta, Insha Allah akan terus mendukung, baik untuk Persija-nya juga untuk teman-teman The Jakmania. The Jakmania ini menjadi salah satu simpul yang penting bagi keutuhan masyarakat di Jakarta," lanjut dia.

3. Pembangunan stadion baru sudah mencapai 36,7 persen

Hadiah Ultah Anies buat Persija, Komitmen Pembangunan Stadion BaruIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Setelah pelaksanaan groundbreaking pada 14 Maret 2019, pembangunan stadion untuk Persija, atau disebut juga Jakarta International Stadium, sudah mencapai 36,7%. Rencananya, pembangunan stadion ini akan rampung pada 2021.

Stadion ini berlokasi di Kel. Papanggo, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara. Nantinya, stadion ini akan menjadi markas baru Persija, dengan fasilitas bertaraf internasional. Kapasitas stadion pun direncanakan akan mencapai 82.000 orang.

Sebelumnya, Persija memang kerap kesulitan mencari stadion. Lazimnya, mereka menggunakan Gelora Bung Karno dalam setiap laga kandang di kompetisi liga. Namun, ketika Gelora Bung Karno terpakai oleh penyewa yang lain, mereka acap menjadi musafir.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-92, Ini 3 Fakta Menarik soal Persija

Topic:

Berita Terkini Lainnya