Comscore Tracker

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!

Inter Milan dan Manchester United kandas

Jakarta, IDN Times - Babak penyisihan grup Liga Champions 2020/21 sudah rampung. Cukup banyak kejutan yang terjadi di fase ini, seperti Manchester United yang kandas di Grup H.

Padahal pesaing terberat Manchester United di grup tersebut hanya Paris Saint-Germains (PSG). Namun perlawanan mengejutkan datang dari RB Leipzig, klub kuda hitam dari Bundesliga Jerman.

Tim hebat lain yang tersingkir di babak penyihan grup adalah Inter Milan. Dari enam pertandingan, Inter Milan hanya mengantongi satu kemenangan. Hasil jelek tersebut membuat Inter berakhir di dasar klasemen grup.

Nah, berikut adalah daftar lengkap tim 16 besar Liga Champions 2020/21. 

1. Juventus

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Tim Juventus. (Twitter.com/juventusfc)

Juventus sanggup menegaskan dominasi mereka di fase grup Liga Champions 2020/21 ini. Bahkan, mereka mampu lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup G. Di laga pamungkas, mereka sanggup menundukkan Barcelona dengan skor telak 3-0.

Hasil ini membuat Juventus unggul dari segi head to head atas Barcelona, meski raihan poin mereka sama. Kredit patut diberikan kepada para pemain Juventus, terutama Cristiano Ronaldo yang selalu konsisten mencetak gol di Liga Champions.

Baca Juga: 10 Pemain Juventus Termahal Saat Ini, Dybala Jauh di Atas Ronaldo!

2. Barcelona

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Tim Barcelona. (Twitter.com/fcbarcelona)

Barcelona, terlepas dari penampilan buruknya di ajang LaLiga, nyatanya mampu tampil konsisten di ajang Liga Champions. Alhasil, mereka sanggup memastikan diri sebagai tim yang lolos ke babak 16 besar, menemani Juventus sebagai perwakilan Grup G.

Sayang, Barcelona melewatkan kesempatan untuk jadi juara grup akibat kalah dari Juventus di laga pamungkas fase grup. Meski raihan poin mereka sama dengan Juventus, mereka kalah head to head dari Juventus karena saat menumbangkan Bianconeri di Turin, mereka cuma mampu menorehkan dua gol. 

3. Chelsea

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Skuat Chelsea. (Twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea mampu tampil superior di Grup E. Bersama Sevilla, mereka jadi tim yang sulit dikalahkan oleh tim-tim lain, semisal Krasnodar maupun Rennes. Alhasil, Chelsea mampu lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak Grup E dengan raihan 14 poin.

Keunggulan ini mampu mereka dapat setelah di laga kelima fase grup, mereka mampu menumbangkan Sevilla dengan skor 4-0. Meski akhirnya mereka hanya meraih hasil imbang di laga pamungkas fase grup, posisi mereka di puncak Grup E tidak tergoyahkan.

4. Sevilla

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Tim Sevilla. (Twitter.com/SevillaFC_ENG)

Sevilla, bersama Chelsea, jadi tim yang sulit ditaklukkan oleh Rennes dan Krasnodar. Namun, mereka harus puas lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up grup. Sebab, raihan poin mereka kalah satu dari Chelsea. Sevilla hanya mampu menorehkan 13 poin saja.

Hal ini diakibatkan oleh kekalahan yang Sevilla derita atas Chelsea di laga kelima fase grup. Jadi, meski mereka mampu menang di laga pamungkas fase grup, mereka tidak mampu mengejar raihan poin Chelsea dan harus puas finis di bawah tim asal London tersebut. 

Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini: Barcelona dan MU Panen Besar!

5. Manchester City

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Manchester City. (mancity.com).

Manchester City lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup C. Kepastian ini didapat setelah di laga pamungkas grup, mereka menundukkan Marseille dengan skor 3-0. Raihan poin mereka pun bertambah jadi 16, unggul tiga poin atas Porto yang meraih 13 poin.

Apiknya lagi, selama fase grup, City cuma kebobolan satu gol. Mereka pun masuk deretan klub Inggris, setelah Liverpool, Chelsea, dan Manchester United, yang hanya kebobolan satu gol di fase grup Liga Champions.

6. Bayern Muenchen

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!instagram.com/fcbayern

Dominasi Bayern Muenchen di Grup A Liga Champions 2020/21 tidak terbantahkan. Mereka bahkan sudah memastikan diri lolos setelah memenangi laga keempat fase grup.Ditambah dengan kemenangan di laga pamungkas grup atas Lokomotiv Moskow, tambahan poin mereka kini jadi 16.

Mereka unggul jauh dari para pesaingnya di Grup A. Atletico Madrid yang lolos sebagai runner-up saja hanya meraih 9 poin. Bayern juga bisa dibilang produktif di fase grup Liga Champions musim ini. Dari 6 laga, mereka sanggup membukukan 18 gol.

Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Champions: Tim-tim Besar Berpesta, Liverpool Merana

7. Borussia Dortmund

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Borussia Dortmund. (Twitter.com/Squawka)

Dominasi Borussia Dortmund di Grup F ini sulit untuk ditandingi tim lain. Alhasil, mereka mampu lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu perwakilan Grup F. Tepatnya, mereka mampu lolos sebagai pemuncak grup, mengungguli Lazio.

Hal ini terjadi karena Dortmund mampu meraih kemenangan lebih banyak dibanding Lazio. Total, mereka membukukan 13 poin, unggul atas Lazio yang hanya menorehkan 10 poin saja.

8. Lazio

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Tim raksasa Serie A, Lazio. (sillyseason.com).

Lazio sejatinya tidak tampil buruk di Grup F. Mereka mampu menemani Borussia Dortmund lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Namun, pada akhirnya, mereka hanya mampu lolos sebagai runner-up. Mengapa demikian?

Pasalnya, meski tidak pernah kalah di fase grup, Lazio banyak meraih hasil imbang. Alhasil, mereka cuma meraih 10 poin, kalah tiga poin dari Dortmund selaku juara grup.

9. RB Leipzig

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Pemain RB Leipzig. (Twitter.com/RBLeipzig_EN)

RB Leipzig mampu keluar dari lubang jarum Kemenangan di laga pamungkas Grup H atas Manchester United membuat mereka mampu lolos ke babak 16 besar. Apiknya, mereka sempat terseok dalam perjalanannya di fase grup ini.

Sempat kalah dari Manchester United dan PSG, Leipzig membuktikan bahwa mereka mampu bangkit. Permainan enerjik sekaligus penuh determinasi membuat mereka mampu bicara banyak di tengah himpitan tim-tim macam PSG maupun United.

10. Paris-Saint Germain

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!PSG. (Website/en.psg.fr)

Setelah merampungkan laga fase grup yang sempat tertunda lawan Istanbul Basaksehir, Rabu (9/12/2020) malam, Paris Saint-Germain memastikan diri lolos sebagai juara Grup H. Mereka sanggup menundukkan Basaksehir dengan skor telak 5-1.

Hasil ini membuat raihan poin mereka sama dengan RB Leipzig, yakni 12. Torehan head to head kedua tim juga sama. Namun, PSG unggul selisih gol atas Leipzig sehingga mereka berhak atas posisi juara grup. 

11. Porto

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!twitter.com/LaVanNistelrooy

Porto juga mampu tampil apik di Grup C. Mereka mampu tampil apik dan melewati adangan tim-tim seperti Olympiakos maupun Marseille. Alhasil, mereka lolos sebagai "runner-up" Grup C.

Torehan poin Porto bahkan jauh mengungguli Olympiakos dan Marseille, yakni 13. Mereka juga hanya berselisih tiga poin dari Manchester City selaku juara grup

12. Liverpool

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!twitter/LFC

Liverpool mampu tampil mengesankan di Grup D. Meski mereka menutup laga di grup dengan hasil imbang lawan Midtjylland, setidaknya mereka sudah memastikan kelolosan ke babak 16 besar sejak laga kelima grup.

Liverpool sukses lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup. Mereka sanggup mencatatkan 13 poin, unggul dua poin dari Atalanta yang lolos sebagai "runner-up" grup.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Ronaldo Menggila, Manchester United Tersingkir! 

13. Atalanta

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Atalanta. (Twitter.com/Atalanta_BC)

Kisah Atalanta di Liga Champions musim ini mungkin tidak seheroik musim lalu. Namun, mereka tetap membuktikan bahwa mereka mampu lolos dari lubang jarum. Mereka punya jiwa pesaing. Hal itu mereka tunjukkan di laga terakhir fase grup melawan Ajax Amsterdam.

Di laga itu, Atalanta menang tipis dengan skor 1-0. Kemenangan ini membuat mereka sukses lolos ke babak 16 besar sebagai "runner-up', berselisih dua poin dengan Liverpool di puncak. Sekali lagi, Atalanta merasakan atmosfer fase gugur Liga Champions.

14. Atletico Madrid

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Atletico Madrid vs Barcelona. (atleticomadrid.com).

Setelah melalui perjuangan panjang, Atletico Madrid akhirnya memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Kemenangan atas RB Salzburg di laga pamungkas menjadi penentunya, membuat mereka mampu membukukan 9 poin.

Namun, langkah Atletico di Liga Champions musim ini begitu tertatih. Beda dengan Bayern yang langsung melesat, mereka banyak meraih hasil imbang, bahkan pernah kena bantai Bayern. Namun, mereka mampu bangkit dan akhirnya lolos ke fase gugur.

15. Real Madrid

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Real Madrid. (Twitter.com/Squawka)

Sama dengan saudara sekotanya, Atletico, Real Madrid juga sempat tertatih di Liga Champions musim ini. Namun, dua kemenangan atas Inter Milan, mampu menutupi hasil dua kekalahan yang mereka derita dari Shakhtar Donetsk.

Selain itu, di laga pamungkas, Madrid mampu menunjukkan performa apik dengan mengalahkan Borussia Moenchengladbach. Hasil ini membuat Madrid lolos ke fase gugur Liga Champions musim ini dengan status juara Grup B.

16. Borussia Moenchengladbach

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions!Borussia Moenchengladbach. (Twitter.com/Squawka)

Tim yang mengejutkan. Itulah Borussia Moenchengladbach musim ini. Bersaing dengan nama-nama macam Inter Milan maupun Real Madrid, mereka tidak gentar. Malah, mereka mampu memastikan diri lolos ke fase gugur Liga Champions musim ini sebagai "runner-up" Grup B.

Sejatinya, poin Gladbach di fase grup Liga Champions musim ini sama dengan Shakhtar Donetsk. Namun, berkat dua kemenangan yang Gladbach raih atas Shakhtar, mereka pun unggul head to head atas tim yang berasal dari Ukraina tersebut.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Inter Milan Tumbang, Real Madrid Menang 

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Sandy Firdaus

Berita Terkini Lainnya