Hasil Pekan 5 Liga 1: Persis Menang, Persebaya Tumbang

Persis akhirnya menang, Persebaya malah kalah

Jakarta, IDN Times - Hasil berbeda didapatkan oleh Persis Solo dan Persebaya Surabaya di pekan kelima Liga 1 2022/23. Ketika 'Laskar Sambernyawa' meraih kemenangan atas Bhayangkara, 'Bajul Ijo' harus rela tumbang dari Borneo FC Samarinda.

Akhirnya, Persis mampu meraih kemenangan perdana mereka di Liga 1 2022/23. Di sisi lain, Persebaya harus rela menanggung kekalahan ketiga mereka musim ini di ajang yang sama.

1. Persis tampil spartan sepanjang laga

Hasil Pekan 5 Liga 1: Persis Menang, Persebaya TumbangPersikabo vs Persis di ajang Liga 1 2022/23. (Dok. Persikabo)

Bersua Bhayangkara FC yang dipenuhi pemain bintang di Stadion Wibawa Mukti, Jumat (19/8/2022) sore, Persis tampil spartan sejak awal laga. Mereka mampu memberikan perlawanan yang sengit kepada Sani Riski dan kolega.

Akhirnya, gol tunggal kemenangan Persis pun hadir pada menit 54. Berawal dari sepak pojok Abduh Lestaluhu, Fabiano Beltrame meneruskan bola ke Fernando Rodriguez yang langsung mencetak angka. Skor 1-0 untuk Persis bertahan sampai laga tuntas.

Namun, selepas laga, ada momen haru yang terjadi di Persis. Pelatih mereka, Jacksen F. Tiago, memutuskan untuk mundur. Alhasil, kemenangan atas Bhayangkara ini jadi kado perpisahan dari Jacksen bagi Persis.

"Bersama tekad dan kerja keras, kita akhirnya berhasil mendapatkan 3 poin pertama dan hari ini akan menjadi pertandingan terakhir saya sebagai pelatih Persis," ujar Jacksen, dilansir situs resmi Persis.

Baca Juga: Profil Luis Milla, Pelatih Baru Persib yang Akrab dengan Indonesia

2. Persebaya kalah lagi di Liga 1 2022/23

Hasil Pekan 5 Liga 1: Persis Menang, Persebaya TumbangPersikabo vs Persebaya di Liga 1 2022/23. (Dok. Persikabo)

Ketika Persis sukses bangkit, lain hal dengan Persebaya Surabaya. Bersua Borneo FC Samarinda di Stadion Segiri, mereka tumbang dengan skor tipis 1-2. Tiga gol ini kesemuanya tercipta di babak kedua, setelah babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Borneo unggul lebih dulu pada menit 63 lewat Matheus Pato, setelah memanfaatkan situasi sepak pojok. Persebaya sempat menyamakan kedudukan empat menit berselang, lewat sontekan keras dari Silvio Junior.

Namun, kekalahan jadi nyata bagi Persebaya di menit injury time. Eksekusi penalti dari Pato sukses mengelabui Satria Tama, dan membawa Borneo unggul 2-1. Keunggulan ini bertahan sampai babak kedua tuntas, dan membuat Persebaya kalah lagi.

3. Persis mulai beranjak, Persebaya turun

Hasil Pekan 5 Liga 1: Persis Menang, Persebaya TumbangPersikabo vs Persebaya di Liga 1 2022/23. (Dok. Persikabo)

Berkat kemenangan ini, Persis pun akhirnya beranjak naik ke peringkat 15 klasemen sementara Liga 1 2022/23. Hasil tiga poin yang mereka dapat sukses membawa mereka keluar dari jerat degradasi.

Di sisi lain, ketika Persis naik, Persebaya justru turun. Mereka merosot ke peringkat 13 klasemen sementara Liga 1 2022/23 dengan raihan empat poin, berselisih satu poin dari zona degradasi. Bahaya mulai mengintai 'Bajul Ijo'.

Baca Juga: 4 Momen Persebaya 'Dikerjai' Wasit Selama Dilatih Aji Santoso

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya