Hati-Hati Arsenal, Declan Rice Tak Cocok untuk Kalian!

Declan Rice tidak pas untuk Arsenal

Jakarta, IDN Times - Arsenal dan Declan Rice adalah dua hal yang acap dikaitkan belakangan ini. Penggawa Timnas Inggris itu santer dikabarkan akan merapat ke Emirates pada musim panas 2023 mendatang.

Penampilan Rice memang mengundang decak kagum dalam beberapa musim terakhir. Dia dijuluki sebagai 'Mr. Dependable' berkat kepiawaiannya mengawal lini tengah West Ham United. Kepiawaiannya ini bahkan terbawa hingga ke Timnas.

Tak pelak, klub-klub besar Inggris meminati jasanya. Mulai dari Chelsea, Liverpool, hingga Manchester United. Namun, saat ini Arsenal disebut-sebut sebagai klub yang paling berpeluang mendatangkannya.

Namun, Arsenal tetap harus berhati-hati. Sebab, Rice justru berpotensi membawa hal buruk bagi mereka.

Baca Juga: 5 Klub yang Menaklukkan Arsenal di Premier League 2022/2023

1. Declan Rice bukan sosok kreatif

Hati-Hati Arsenal, Declan Rice Tak Cocok untuk Kalian!potret Declan Rice (instagram.com/declanrice)

Legenda Liverpool, Graeme Souness, pernah mengkritik sosok Rice. Dia menyebut, Rice bukan paket gelandang komplet. Menurutnya, gelandang komplet harus punya tiga hal, yaitu kreatif, bisa cetak gol, dan bisa bertahan dengan baik.

"Jika seorang gelandang memiliki tiga atribut itu, saya bisa menjamin gelandang itu setara dengan emas. Namun, bagi saya, Rice hanya punya satu di antara tiga atribut itu," kata Souness, dilansir Goal International.

Kritik Souness ini sempat menimbulkan kegaduhan, bahkan Rice pun merasa tidak terima dengan ucapan Souness itu. Namun, pada akhirnya ucapan Souness didukung oleh data valid, menandakan Rice memang tidak kreatif.

Sejauh ini, Rice hanya mencetak 14 gol dan 12 asis dari 200 laga lebih yang sudah dia lakoni bersama West Ham. Tekel dan intersep Rice memang luar biasa, tetapi dia tak bisa memberikan umpan-umpan progesif.

Hal inilah yang jadi kekurangan Rice. Hal ini justru bisa membuat permainan Arsenal terhambat. Apalagi, ada satu pemain Arsenal yang sudah punya tipikal sama dengannya, yaitu Thomas Partey.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Dikorbankan Arsenal dalam Kesepakatan Declan Rice

2. Rice bukanlah pengganti Granit Xhaka

Hati-Hati Arsenal, Declan Rice Tak Cocok untuk Kalian!Decline Rice (teamtalk.com)

Arsenal disebut-sebut mau merekrut Rice sebagai pengganti Granit Xhaka. Sosok asal Swiss itu dikabarkan akan pergi dari Emirates pekan depan dan bergabung dengan Bayer Leverkusen. Sialnya, cara main Rice beda jauh dengan Xhaka.

Xhaka memang andal dalam melakukan tekel dan memotong permainan lawan. Namun, yang membuat Xhaka berbahaya justru kemampuannya melepas umpan. Tak jarang, dia membongkar pertahanan lawan lewat umpan matang di area sepertiga akhir.

Tidak cuma itu, Xhaka juga acap jadi opsi dari lini kedua. Sepakan-sepakan jarak jauhnya juga kerap jadi pemecah kebuntuan Arsenal. Karakter main Xhaka ini sangat beda jauh dengan Rice yang notabene lebih ke pekerja keras.

Jika Arsenal memaksakan Rice sebagai pengganti Xhaka, itu bisa jadi sesuatu yang buruk bagi Arsenal. Akan ada sesuatu yang tidak jalan di lini tengah mereka, karena peran distributor bola diemban Rice yang kemampuan membagi bolanya minim.

Baca Juga: Liverpool Disarankan Rekrut Declan Rice, Kenapa?

3. Declan Rice masih cinta Chelsea

Hati-Hati Arsenal, Declan Rice Tak Cocok untuk Kalian!potret Declan Rice (instagram.com/declanrice)

Satu hal yang tampaknya tidak penting, tetapi berpengaruh dalam transfer Rice ke Arsenal nanti adalah rasa cinta Rice pada Chelsea. Dia memang pernah mengenyam pendidikan di akademi Chelsea selama 7 tahun.

Rice satu angkatan dengan dua pemain Chelsea saat ini, Mason Mount dan Reece James. Ikatan keduanya selalu terlihat jelas ketika mereka bermain di Timnas Inggris. Belum lagi, Rice juga mengidolakan legenda Chelsea, John Terry.

Rasa cinta inilah yang bisa jadi bumerang bagi Arsenal. Memang, agaknya tidak begitu berpengaruh, tetapi kadang hal-hal macam ini bisa jadi penentu. Jadi, waspadalah 'Meriam London'. Declan Rice belum tentu baik bagi kalian.

Baca Juga: West Ham United Mematok Harga Declan Rice Sebesar 150 Juta Euro

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya