Hitung-hitungan Timnas U-23 Lolos Semifinal SEA Games 2021

Menang atau imbang sudah cukup bagi Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 sukses merengkuh kebangkitan dalam ajang SEA Games 2021. Peluang skuad Garuda Muda untuk melaju ke semifinal pun terbuka, meski di laga pertama sempat tumbang dari Vietnam.

Saat ini, Egy Maulana Vikri dan kolega telah mengumpulkan enam poin dari tiga laga. Mereka membuka diri untuk bersaing dengan Myanmar dan Vietnam, yang juga punya kesempatan sama untuk lolos ke semifinal.

Dengan peluang yang sama besar dengan Vietnam dan Myanmar, menarik untuk melihat, apakah yang harus dilakukan oleh Timnas U-23 agar bisa lolos ke semifinal?

1. Kemenangan adalah harga mati

Hitung-hitungan Timnas U-23 Lolos Semifinal SEA Games 2021Timnas Indonesia U-23 berhasil kalahkan Filipina, 4-0, dalam duel di penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (dok. PSSI)

Satu-satunya hal yang pasti mengantarkan Timnas U-23 ke semifinal adalah kemenangan atas Myanmar. Dengan meraih kemenangan lawan Myanmar di laga pamungkas grup, skuad Garuda Muda akan mengumpulkan sembilan poin.

Poin sembilan ini akan mengantarkan Timnas U-23 langsung ke semifinal, tanpa harus menunggu hasil yang didapatkan Vietnam saat bersua Timor Leste di laga pamungkas. Namun, ada hasil lain yang juga bisa mengantarkan Timnas U-23 ke semifinal.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas U-23 Bantai Filipina, Tinggal Sikat Myanmar

2. Imbang lawan Myanmar sudah cukup

Hitung-hitungan Timnas U-23 Lolos Semifinal SEA Games 2021Timnas U-23 di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Kendati tidak menang, jika Indonesia meraih hasil imbang lawan Myanmar pada laga pamungkas Grup A SEA Games 2021, itu cukup untuk mengantarkan lolos semifinal. Saat ini, Myanmar dan Indonesia sama-sama menorehkan enam poin.

Jika meraih hasil imbang, poin Indonesia dan Myanmar akan sama, yaitu tujuh. Namun, Indonesia unggul selisih gol atas Myanmar. Dengan begitu, posisi Indonesia dipastikan akan berada di atas Myanmar, dan lolos ke semifinal.

3. Jangan sampai kalah, Timnas U-23

Hitung-hitungan Timnas U-23 Lolos Semifinal SEA Games 2021Timnas Indonesia U-23 berhasil kalahkan Filipina, 4-0, dalam duel di penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (dok. PSSI)

Satu-satunya hal yang haram terjadi kepada Timnas U-23 di laga lawan Myanmar adalah kalah. Jika kalah, poin Timnas U-23 tidak akan bertambah, sementara Myanmar akan memperoleh sembilan poin. Merekalah yang akan melenggang ke semifinal.

Persaingan di Grup A SEA Games 2021 ini memang menarik. Seiring tak adanya tim yang meraih poin sempurna sejauh ini, tiga tim masih berpotensi lolos ke semifinal, termasuk Timnas U-23. Alhasil, peluang ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Baca Juga: Timnas U-23 Jelang Lawan Filipina: Kemenangan Harga Mati!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya