Imbang, Serbia dan Kamerun Sama-sama Jaga Asa ke 16 Besar

Duel panas tersaji di Stadion Al Janoub

Jakarta, IDN Times - Serbia meraih hasil imbang dalam laga kedua Grup G Piala Dunia 2022. Bertemu Kamerun di Al Janoub Stadium, Senin (28/11/2022), Dusan Tadic dan kolega main imbang 3-3.

Gol-gol pada babak ini dicetak Jean-Charles Castelletto (29'), Vincent Aboubakar (64'), dan Eric-Maxim Choupo-Moting (66') untuk Kamerun. Sementara, Strahinja Pavlovic (45+1'), Sergej Milinkovic-Savic (45+3'), dan Aleksandar Mitrovic (53') untuk Serbia.

Pada awal babak pertama, Serbia yang sejatinya memiliki kualitas pemain lebih baik ditekan langsung oleh Kamerun. Trio Karl Toko Ekambi, Eric Maxim Choupo-Moting, dan Bryan Mbeumo masih jadi andalan Kamerun.

Seiring berjalannya babak pertama, Serbia pelan-pelan mulai menguasai laga. Poros lini tengah yang dimotori Nemanja Maksimovic dan Filip Kostic mulai bisa mengimbangi lini tengah Kamerun yang dimotori Andre Zambo Anguissa.

Kamerun tidak patah arang. Meski ditekan Serbia, mereka acap menemukan ruang untuk menyerang balik. Bahkan, mereka sempat menciptakan peluang pada menit 20-an. Sayang, upaya mereka ini masih bisa dihentikan Serbia.

Usaha Kamerun berbuah manis pada menit 29. Berawal dari situasi sepak pojok, bola muntah hasil sundulan Nicolas N'Koulou, Jean-Charles Castelletto sukses membobol gawang Serbia. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Kamerun.

Tertinggal satu angka, Serbia langsung meningkatkan intensitas serangan. Akan tetapi, Kamerun tidak tinggal diam. Mereka tanggap dalam menghentikan serangan Serbia dengan beragam tekel dan intersep.

Alhasil, Serbia sulit melepaskan tembakan pada babak pertama ini. Sekalinya mereka masuk kotak penalti, para pemain Serbia langsung disergap oleh para pemain bertahan Kamerun. Jika menendang, tembakannya acap tidak tepat sasaran.

Pada sisa waktu babak pertama, Serbia akhirnya mampu menyamakan angka. Bermula dari sepakan bebas Tadic, Strahinja Pavlovic sukses membobol gawang Kamerun lewat sundulannya pada menit 45+1. Skor berubah 1-1 untuk kedua tim.

Serbia tidak berhenti. Pada menit 45+3, mereka kembali mencetak gol. Bermula dari umpan Andrija Zivkovic, Sergej Milinkovic-Savic sukses membobol gawang Kamerun. Skor berubah 2-1 dan skor ini bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, intensitas laga masih tinggi. Siapa sangka, hujan gol langsung terjadi pada awal-awal babak kedua ini. Semua bermula dari gol Aleksandar Mitrovic pada menit 53 memanfaatkan umpan apik Zivkovic. Skor berubah 3-1.

Tertinggal dua angka, Kamerun tidak menyerah. Mereka melakukan perubahan dengan memasukkan Vincent Aboubakar, Gael Ondua, dan Christian Bassogog. Upaya dari Kamerun membuahkan hasil. Tidak tanggung-tanggung, dua gol langsung dicetak.

Pada menit 64, Aboubakar mencetak gol usai memanfaatkan asis dari Castelletto. Berlanjut 2 menit kemudian, giliran Choupo-Moting yang mencetak gol, memanfaatkan umpan dari Aboubakar. Skor pun berubah 3-3.

Skor imbang, Serbia langsung melakukan perubahan. Mereka memasukkan nama-nama macam Stefan Mitrovic, Srdjan Babic, Marko Grujic, hingga Nemanja Radonjic. Perubahan-perubahan ini membuat Serbia lebih bertenaga.

Sisi sayap jadi titik Serbia menekan Kamerun pada babak kedua ini. Kostic dan Radonjic mulai aktif bergerak. Akan tetapi, pergerakan mereka ini tidak ditopang para pemain di lini kedua dan kotak penalti, sehingga serangan Serbia kerap terhenti.

Di sisi lain, Kamerun masih memberikan ancaman lewat serangan-serangan balik cepat. Aboubakar yang masuk pada babak kedua benar-benar memberi efek positif bagi Kamerun. Dia jadi motor serangan tim di babak kedua ini.

Pada sisa waktu babak kedua, baik itu Kamerun maupun Serbia masih mencari gol tambahan. Akan tetapi, gol keempat tak kunjung datang bagi kedua tim. Alhasil, skor 3-3 bertahan sampai laga tuntas. Kedua tim pun sama-sama menjaga asa ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya