Imbangi Inter Milan, Apakah Benar Roma Hilang Fokus?

Pelatih Roma sebut timnya sempat hilang fokus

Jakarta, IDN Times - Manajer AS Roma, Paulo Fonseca, menyebut timnya sempat kehilangan fokus saat ditahan imbang Inter Milan dengan skor 2-2 dalam laga Serie A 2020/2021 di Stadion Olimpico, Minggu (10/1/2021) malam. Apalagi, Roma sebenarnya unggul terlebih dahulu.

"Kami sebenarnya bermain dengan baik di babak pertama, tetapi tiba-tiba kami hilang fokus selama 15-20 menit. Setelah Inter mencetak gol kedua, justru kami tiba-tiba bangkit lagi," ujar Fonseca, dilansir Football Italia.

Apakah memang benar Roma kehilangan fokus di pertandingan tersebut?

1. Fonseca akui para pemainnya gagal menekan Vidal dan Brozovic

Imbangi Inter Milan, Apakah Benar Roma Hilang Fokus?AS Roma vs Inter Milan. (Website/inter.it)

Fonseca juga mengakui salah satu hilangnya fokus timnya karena para pemain tidak dapat beradaptasi dengan cepat dengan perubahan Inter. Pada babak kedua, Inter memindahkan posisi Arturo Vidal dan Marcelo Brozovic. Nah, Roma gagal menyesuaikan diri dengan perubahan ini.

"Inter memulai babak kedua dengan menggerakkan Brozovic dan Vidal, jadi kami juga gagal menekan mereka di area tersebut (area tengah). Kami juga kehilangan intensitas permainan dan tidak seagresif di awal babak pertama. Menghadapi Inter tanpa mampu menekan balik mereka, itu adalah hal yang sulit," kata Fonseca.

Baca Juga: Inter Vs AS Roma Tanpa Pemenang

2. Fonseca tidak salah, Roma memang tertekan

Imbangi Inter Milan, Apakah Benar Roma Hilang Fokus?AS Roma vs Inter Milan. (Website/inter.it)

Seperti yang dibilang Fonseca, ada masa selama 15-20 menit Roma kehilangan fokus. Hal itu benar adanya. Per Whoscored, dalam rentang waktu menit 45 -75, Roma benar-benar berada di bawah kendali Inter Milan.

Dari segi penguasaan bola, mereka kalah dengan jumlah 46, persen berbanding 53,3% milik Inter. Mereka juga sama sekali tidak mencetak tembakan dalam kurun waktu tersebut, beda dengan Inter yang mampu melepaskan 9 tembakan (2 di antaranya berbuah gol).

Dalam rentang waktu tersebut pula, Inter menorehkan total dribel yang lebih banyak, yaitu enam berbanding nol milik Roma. Penetrasi-penetrasi dribel yang dilakukan para pemain lebih terasa. Lalu, mereka juga sanggup memenangi duel udara sebanyak dua kali, berbanding sekali milik Roma.

3. Roma mampu bangkit dan menyamakan kedudukan

Imbangi Inter Milan, Apakah Benar Roma Hilang Fokus?AS Roma vs Inter Milan. (Website/inter.it)

Meski sempat hilang fokus, Fonseca akhirnya mampu melakukan perubahan yang apik. Beberapa pergantian ia lakukan, seperti memasukkan Bruno Peres dan Bryan Cristante. Roma pun akhirnya mampu bangkit dan menyamakan kedudukan.

Hasil imbang 2-2 ini tidak mengubah posisi tim di klasemen. Inter Milan tertahan di peringkat kedua klasemen dengan raihan 37 poin, sementara AS Roma tertahan di peringkat ketiga dengan catatan 34 poin.

Baca Juga: 11 Pemain Inter Milan dengan Banderol Termahal Saat Ini, Siapa Saja?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya