Indonesia Ditawari Tuan Rumah Piala AFC saat Kasus COVID-19 Meledak

Kasus COVID-19 di Indonesia jadi pertimbangan PSSI

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, mengungkapkan Indonesia mendapatkan tawaran untuk jadi tuan rumah Piala AFC 2021. Hal ini seiring mundurnya beberapa negara yang sudah didapuk menjadi tuan rumah, salah satunya Singapura.

"AFC menawarkan kepada federasi (PSSI) untuk menjadi tuan rumah (AFC Cup 2021). Sekarang, kami sedang mengomunikasikan hal ini dengan AFC," ujar Yunus saat dihubungi IDN Times, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga: Tuan Rumah Piala AFC Tak Jelas, Persipura Gas Terus

1. Kasus COVID-19 di Indonesia jadi alasannya

Indonesia Ditawari Tuan Rumah Piala AFC saat Kasus COVID-19 MeledakTim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Alasan PSSI masih pikir-pikir soal tawaran menjadi tuan rumah Piala AFC 2021 adalah kondisi pandemik COVID-19 yang belum membaik di Indonesia. Per Selasa (22/6/2021) petang saja, kasus COVID-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebanyak 13.668 kasus.

Selain itu, jika memang nanti Indonesia menerima tawaran menjadi tuan rumah, tim-tim yang datang ke sini juga harus menjalani karantina terlebih dahulu. Belum lagi, Bali United tengah menjalani proses renovasi Stadion I Wayan Dipta.

"PSSI masih mempertimbangkan kondisi COVID-19 yang makin memburuk di Indonesia. Belum lagi, nantinya klub peserta dari negara lain juga pasti akan dikarantina di Indonesia," tutur Yunus.

2. Sudah komunikasi ke Bali United dan Persipura

Indonesia Ditawari Tuan Rumah Piala AFC saat Kasus COVID-19 MeledakLiga-Indonesia.id

Terkait tawaran dari AFC, Yunus mengungkapkan sudah menyampaikan hal tersebut kepada Bali United dan Persipura Jayapura, selaku perwakilan Indonesia di kompetisi kasta kedua antar klub Asia itu. Jawaban kedua klub itu sama dengan PSSI, tengah khawatir dengan peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia akhir-akhir ini.

"Sudah kami komunikasikan kepada Bali United dan Persipura. Mereka juga saat ini masih khawatir dengan kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia," ujar Yunus.

3. Persipura dan Bali United tergabung di grup berbeda

Indonesia Ditawari Tuan Rumah Piala AFC saat Kasus COVID-19 MeledakLiga-Indonesia.id

Di Piala AFC 2021 Persipura dan Bali United tergabung dalam grup yang berbeda. Persipura berada di Grup H bersama Kedah Darul Aman, Lion City Sailors, serta Saigon FC. Sedangkan, Bali United berada di Grup G bersama Hanoi FC, Boeung Ket, dan pemenang antara FC Canthabouly serta Kasuka FC.

Namun, sampai saat ini baik itu Bali United maupun Persipura belum menerima kabar lebih lanjut soal di mana akan main dalam ajang Piala AFC 2021 mendatang. Merunut jadwal, mereka akan mulai mentas pada 29 dan 30 Juni 2021.

Baca Juga: PSSI Gerak Cepat Siapkan Timnas Piala Dunia U-20

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya