Comscore Tracker

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia U-17 Wanita

Ini jadi ajang persiapan untuk Piala Dunia U-20 2023

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali mendapatkan kepercayaan untuk jadi tuan rumah ajang sepak bola. Kali ini, AFC memercayakan Indonesia jadi tuan rumah Piala Asia U-17 Wanita yang akan dihelat pada 2022 mendatang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan pihaknya siap menyelenggarakan ajang ini. Iriawan pun menyebut Piala Asia U-17 Wanita sebagai persiapan Indonesia jelang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

"Alhamdulillah, bersyukur PSSI mendapat kepercayaan dari AFC untuk menggelar Piala Asia Wanita U-17 2022. Turnamen tersebut menjadi persiapan PSSI untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023 mendatang, agar sama-sama berjalan sukses dan lancar," ujar Iwan Bule--sapaan akrab Iriawan--dilansir situs resmi PSSI.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tempur di UEA Dalam Kualifikasi Piala Dunia

1. Harapan Iwan Bule, Piala Asia U-17 Wanita disaksikan penonton

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia U-17 WanitaSejumlah pesepak bola timnas putri Indonesia mengikuti pengenalan dan pembukaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). Pembukaan pemusatan latihan yang dimulai tepat bersamaan dengan peringatan Hari Wanita Internasional hingga 31 Maret itu untuk menpersiapkan timnas putri Indonesia berlaga di SEA Games 2021 di Vietnam dan turnamen-turnamen internasional lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Lebih lanjut, Iwan berharap agar pada 2022 mendatang, pandemik COVID-19 di dunia sudah reda. Dengan begitu, tidak tertutup kemungkinan bila Piala Asia U-17 Wanita dapat dihadiri penonton secara langsung.

"Tentu, kami akan mempersiapkan dengan baik Timnas Wanita U-17 agar dapat bersaing dan berprestasi di turnamen tersebut. PSSI akan bekerja keras agar menjadi tuan rumah yang baik dan sukses dalam penyelenggaraan," ujar Iwan.

2. Asia sudah siap menggelar lagi turnamen sepak bola

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia U-17 WanitaSuasana rapat daring komite eksekutif Asian Football Confederation (AFC) pada hari Kamis (10/9/2020). (the-afc.com)

Baru-baru ini, Presiden AFC, Sheikh Salman, tidak kuasa menutupi kebahagiaannya. Suksesnya penyelenggaraan Liga Champions Asia pada 2020, plus antusiasme anggota AFC yang siap menjadi tuan rumah ajang internasional, membuatnya yakin sepak bola Benua Kuning akan bergeliat lagi.

"Merupakan hal yang penting bagi kami, untuk menunjukkan kepada dunia, sepak bola Asia sudah siap kembali. Kami harus membuktikan AFC terus berupaya melakukan semua hal terbaik untuk mewujudkan kompetisi yang aman dan berkelas dunia," ujar Sheikh Salman.

3. Piala Asia U-17 Wanita dihelat Mei 2022

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia U-17 WanitaPesepak bola timnas putri Indonesia Zahra Muzdalifah menendang bola saat pertandingan internal pada pengenalan dan pembukaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). Pembukaan pemusatan latihan yang dimulai tepat bersamaan dengan peringatan Hari Wanita Internasional hingga 31 Maret itu untuk menpersiapkan timnas putri Indonesia berlaga di SEA Games 2021 di Vietnam dan turnamen-turnamen internasional lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/

Penetapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia U-17 Wanita dilakukan lewat rapat yang melibatkan Komite Eksekutif AFC di Manama, Bahrain, Rabu (7/4/2021). Selain menentukan tuan rumah Piala Asia U-17 Wanita, AFC juga menentukan tuan rumah Piala Asia U-20 Wanita.

"Exco AFC memutuskan memberikan hak tuan rumah dari Piala Asia Wanita U-20 2022 kepada Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan dengan waktu baru yakni dari 4 hingga 17 April 2022. Sementara, Piala Asia Wanita U-17 2022 akan dihelat oleh Indonesia pada 9 sampai 22 Mei," tulis pernyataan resmi AFC.

Baca Juga: Suntikan Moral Buat Asnawi di Korsel, Ditonton Langsung Shin Tae Yong

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya