Indonesia Satu Grup dengan Raja Piala Asia, Ini Kata Ketum PSSI

PSSI yakin Indonesia bisa bersaing

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, meminta Timnas Indonesia tidak gentar, kendati tergabung di grup berat dalam Piala Asia 2023. Dia pun meminta skuad Garuda berjuang keras di ajang tersebut.

"Kita sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elite dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya adalah tim yang tangguh. Tapi semua bisa terjadi dalam 90 menit dan semua dimulai dengan skor 0-0," kata Erick di Qatar, Kamis (11/5/2023).

1. Penggawa Timnas Indonesia siap tempur

Indonesia Satu Grup dengan Raja Piala Asia, Ini Kata Ketum PSSITimnas Indonesia lawan Burundi di FIFA Matchday. (dok. PSSI)

Menurut Erick, seluruh penggawa timnas siap tempur. Meski masuk pot empat yang merupakan klaster negara non-unggulan, Timnas Indonesia tidak gentar. Perkembangan positif sudah ditunjukkan skuad Garuda.

"Timnas kita terus menunjukkan perkembangan yang positif. Meski kita tahu Piala Asia ini dihuni negara levelnya sudah dunia. Ini jelas menjadi tantangan sekaligus peluang kita untuk semakin meningkatkan level permainan," ujar Erick.

Baca Juga: Timnas Indonesia Diyakini Bisa Bicara Banyak di Piala Asia 2023

2. Timnas Indonesia bisa bersaing di Piala Asia 2023

Indonesia Satu Grup dengan Raja Piala Asia, Ini Kata Ketum PSSITimnas Indonesia lawan Burundi di FIFA Matchday. (dok. PSSI)

Erick mengatakan Grup D spesial karena dihuni rival Indonesia di Asia Tenggara, Vietnam. Terlepas dari itu, Erick yakin skuat Shin Tae Yong punya peluang untuk bersaing.

"Vietnam seperti kita tahu adalah rival kita yang performanya di Asia sangat baik. Semua lawan yang tangguh tapi tim kita pun punya kualitas untuk membuat kejutan. Kesempatan ini mesti kita manfaatkan dengan berjuang hingga pluit akhir," tegas Erick.

3. Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023

Indonesia Satu Grup dengan Raja Piala Asia, Ini Kata Ketum PSSIJordi Amat merayakan gol perdananya untuk Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Erick selaku Ketum PSSI hadir langsung dalam drawing Piala Asia 2023 yang dihelat di Doha, Qatar. Dia hadir ditemani pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada Januari hingga Februari 2024 di Qatar. Skuad Garuda akan menghadapi Irak, Vietnam, dan Jepang di babak penyisihan grup.

Baca Juga: Undian Piala Asia 2023: Indonesia Segrup dengan Mantan Juara

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya