Indonesia Terus Bersolek untuk Piala Dunia U-20 2023

PSSI dan Kemenpora gelar rakor

Jakarta, IDN Times - Persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023 masih digodok oleh Indonesia. Terbaru, PSSI, Kemenpora, FIFA, dan beberapa stakeholder terkait, menggelar rapat koordinasi di Gedung Kemenpora, Kamis (21/4/2022).

Rapat ini dihadiri oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi dan Sesmenpora Jonni Mardizal. Hadir juga pula perwakilan Sekretariat Kabinet, Teguh Supriadi dan Essy Asiah sebagai perwakilan Kementerian PUPR, serta Didik Suhardi yang mewakili Kemenko PMK.

FIFA yang hadir secara virtual, mengapresiasi progres persiapan yang dilakukan oleh Indonesia selaku tuan rumah. Namun, tetap akan ada beberapa hal yang dilakukan Indonesia dalam hal persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

1. Stadion Piala Dunia U-20 2023 akan ditinjau ulang

Indonesia Terus Bersolek untuk Piala Dunia U-20 2023Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sejauh ini, ada enam stadion yang sudah ditetapkan untuk jadi venue Piala Dunia U-20 2023. Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakabaring, Si Jalak Harupat, Manahan, Gelora Bung Tomo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Rencananya, keenam stadion ini akan ditinjau ulang oleh pemerintah Indonesia dan beberapa stakeholder terkait. Hal tersebut dikarenakan adanya penundaan Piala Dunia U-20, yang seharusnya dihelat pada 2021 lalu.

"Alhamdulillah, persiapan cukup bagus, perlu perbaikan fisik tapi minor. Walaupun demikian kami harus lihat secara bersama- sama," ujar Jonni, dilansir situs resmi Kemenpora.

Baca Juga: Sejarah Piala FA: Kompetisi Sepak Bola Tertua di Dunia

2. PSSI sebut Indonesia masih dalam jalur

Indonesia Terus Bersolek untuk Piala Dunia U-20 2023Sekjen baru PSSI, Yunus Nusi. (pssi.org)

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyatakan sejauh ini Indonesia masih dalam jalur yang tepat sebagai tuan rumah. Meski ada penundaan, Indonesia masih terus menyiapkan diri untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

"Sekarang kami sudah on track lagi dan semua tak lepas dari dukungan pemerintah dalam hal pemenuhan deklarasi dan jaminan tuan rumah, termasuk di dalamnya penggunaan stadion, lapangan latihan, dan kota tuan rumah," ujar Yunus.

3. Indonesia mengapresiasi kepercayaan FIFA

Indonesia Terus Bersolek untuk Piala Dunia U-20 2023Stadion Si Jalak Harupat Kandang Persib (IDN Times/Galih Persiana)

Sekretaris Menpora, Jonni Mardizal, menghargai apresiasi FIFA yang sudah mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Kompetisi ini menjadi kompetisi yang penting, utamanya bagi pengembangan sepak bola Indonesia.

"Pemerintah tentu akan mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, sebagai salah satu kontribusi dan implementasi untuk pengembangan sepak bola Indonesia. Semoga kita bisa mensukseskan event ini, bersinergi, dan bergerak maju bersama," kata Jonni.

Baca Juga: Bank Mandiri Jadi Sponsor Piala Dunia Basket 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya