Comscore Tracker

Indonesia Vs Kamboja: Shin Tae Yong Pede Banget Menang

Shin Tae Yong yakin Indonesia bisa melaju ke semifinal

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan memulai perjalanannya di Piala AFF 2020 pada Kamis (9/12/2021) malam. Sudah ada Kamboja yang menanti mereka di Bishan Stadium. Pelatih Timnas, Shin Tae Yong, menyambut laga ini dengan penuh percaya diri.

Dalam sesi jumpa pers jelang laga, Rabu (8/12/2021), Shin mengaku sudah menyaksikan permainan Kamboja saat bersua Malaysia. Dia mengakui kekuatan Kamboja, tetapi percaya kemampuan dari anak-anak asuhnya. Dia bahkan siap menerapkan permainan agresif.

"Jadi, kami akan main dengan tekanan yang lebih agresif dan menguasai bola sesering mungkin dibandingkan lawan. Banyak yang berpikir Kamboja itu bagus, jadi kami akan menyiapkan diri dengan baik, main lebih keras agar bisa menang," kata Shin.

1. Shin yakin Indonesia lolos dari grup maut

Indonesia Vs Kamboja: Shin Tae Yong Pede Banget MenangShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Shin percaya Evan Dimas dan kawan-kawan bisa melalui lolos dari fase grup dengan mulus. Meski tergabung di grup maut yang diisi Malaysia dan Vietnam, Shin yakin persiapan Indonesia begitu matang dan bisa  bersaing dengan para kontestan lain.

"Menurut saya, dalam sepak bola semua bisa terjadi. Intinya, kami akan menyiapkan diri dengan baik untuk semua laga, baik itu lawan Kamboja, Laos, Vietnam, dan Malaysia. Sehingga, nantinya kami bisa lolos ke semifinal. Saya sangat percaya diri," ujar Shin.

Baca Juga: Piala AFF: Thailand Tersukses, Indonesia Belum Pernah Juara

2. Tak takut dengan Malaysia dan Vietnam

Indonesia Vs Kamboja: Shin Tae Yong Pede Banget MenangMalaysia di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Indonesia tidak dijagokan untuk menjadi juara di Piala AFF 2020, bahkan lolos ke semifinal saja diragukan. Publik lebih menjagokan Malaysia dan Vietnam untuk lolos ke semifinal.

Shin cuek dengan prediksi tersebut, tidak gentar menghadapi Malaysia dan Vietnam dalam persaingan Grup B. Dia merasa Indonesia sudah jauh berkembang.

"Memang banyak yang berpikir Vietnam dan Malaysia akan lolos. Tapi, sesuai yang tadi dibicarakan, bola itu bundar. Jika banyak orang berpikir seperti itu, mau bagaimana lagi. Intinya, Indonesia sudah banyak berubah dan ada perkembangan," kata Shin.

3. Timnas Indonesia terus bersiap untuk Piala AFF 2020

Indonesia Vs Kamboja: Shin Tae Yong Pede Banget MenangSkuat Timnas Indonesia. (pssi.org)

Penyerang Timnas Indonesia, Kushedya Hari Yudo, menyebut persiapan matang terus dilakukan oleh para penggawa Indonesia. Pematangan taktik dan strategi juga terus dilakukan.

"Pelatih Shin Tae-yong memberikan materi latihan pematangan taktik dan strategi kepada kami. Selain itu koordinasi antar lini, transisi, dan harus bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun," ujar Yudo, dilansir situs resmi PSSI.

Perjalanan Indonesia di Piala AFF 2020 dimulai dengan melawan Kamboja pada 9 Desember. Setelah itu melawan Laos pada 12 Desember, Vietnam pada 15 Desember, dan Malaysia pada 19 Desember 2021.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya