Indra Sjafri Bocorkan Tim Idaman di Timnas U-22 untuk SEA Games 2023

Seperti apa proyeksi dari Indra Sjafri?

Jakarta, IDN Times - Sudah sepekan lamanya Timnas Indonesia U-22 melakoni pemusatan latihan (TC) di Gelora Bung Karno, dipimpin oleh Indra Sjafri. TC ini dihelat sebagai bagian dari persiapan menuju SEA Games 2023.

Setelah sepekan melakoni TC, Indra pun sudah memiliki gambaran bagaimana Timnas U-22 idamannya di SEA Games 2023 mendatang. Seperti apa proyeksi dari Indra buat timnya di SEA Games nanti?

1. Harus ada pemain yang bisa main di dua posisi

Indra Sjafri Bocorkan Tim Idaman di Timnas U-22 untuk SEA Games 2023TC Timnas U-22 jelang SEA Games 2023. (dok. PSSI)

Di SEA Games 2023 nanti, Timnas U-22 akan berkekuatan 20 pemain. Nah, dari 20 pemain itu, beberapa di antaranya harus ada yang serbabisa, menjalankan peran dari dua posisi atau lebih. Menurut Indra, hal itu diperlukan.

"Harus ada beberapa pemain yang bisa main di dua atau tiga posisi, karena tim hanya berjumlah 20 orang. Minimal, harus ada satu pemain yang bisa main di dua posisi. Kami sudah mendesain untuk itu," ujar Indra di Gelora Bung Karno, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga: Indra Sjafri Pikir-pikir Pakai Pratama Arhan di SEA Games 2023

2. Indra sesuaikan tim dengan karakter SEA Games

Indra Sjafri Bocorkan Tim Idaman di Timnas U-22 untuk SEA Games 2023Timnas U-23 di SEA Games 2021. (dok. PSSI)

Indra juga menyebut, proyeksi Timnas U-22 yang dibentuknya juga mengikuti karakter dari turnamen SEA Games 2023. Jika Indonesia tergabung di grup berisikan enam tim, ada potensi akan melakoni lebih banyak laga.

Belum lagi, jeda waktu antar laga di SEA Games 2023 juga terbilang singkat. Ambil contoh di SEA Games 2021, Vietnam. Ketika itu, jeda antar laga hanya dua hari saja.

"Kami mulai desain dari sekarang, mulai karakter turnamen SEA Games yang kalau masuk di grup isi enam tim, akan ada lima pertandingan di grup. Jadi, sampai final ada tujuh laga, kira-kira dari sisi fisiknya yang kayak apa untuk dipilih," ujar Indra.

3. Indra optimistis dengan kualitas para pemain

Indra Sjafri Bocorkan Tim Idaman di Timnas U-22 untuk SEA Games 2023Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri. IDN Times/Tunggul Kumoro

Indra mengaku senang dan optimistis dengan kualitas para pemain yang ikut TC Timnas U-22 ini. Dia juga terkejut dengan kualitas dari para pemain Liga 2, yang dianggap layak untuk membela skuad Garuda Muda.

"Saya terkejut dan berterima kasih kepada para pelatih Liga 2. Jadi, apa yang mereka rekomendasikan tidak salah dan para pemainnya bisa jadi bagian dari tim SEA Games 2023. Tentu mereka akan bersaing lagi dengan pemain-pemain dari Liga 1," ujar Indra.

SEA Games 2023 nanti rencananya akan dihelat di Kamboja, 5-17 Mei mendatang. Namun, cabang sepak bola yang melibatkan Timnas U-22 sudah akan melakoni laga perdananya pada 29 April 2023.

Baca Juga: PSSI Yakin Justin Hubner Pilih Timnas U-20 Indonesia Ketimbang Belanda

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya