Inggris vs Prancis: Rivalitas Klasik di Piala Dunia 2022

Duel Inggris vs Prancis dibumbui sejarah Perang 100 Tahun

Jakarta, IDN Times - Prancis akhirnya sudah mendapatkan lawan di babak perempat final Piala Dunia 2022. Tidak tanggung-tanggung, mereka bakal bersua salah satu seteru abadi mereka di Eropa, yakni Inggris.

Merunut jadwal, Inggris dan Prancis akan bersua pada Minggu, 11 Desember 2022 dini hari. Pertemuan kedua tim ini jadi sebuah perayaan kembalinya duel klasik di Piala Dunia. Duel klasik yang berawal dari sebuah sejarah panjang.

1. Perseteruan yang berawal dari perang dalam waktu lama

Inggris vs Prancis: Rivalitas Klasik di Piala Dunia 2022Kapten Inggris, Harry Kane, usai cetak gol ke gawang Senegal di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Hubungan Inggris dan Prancis memang terbilang rumit. Sudah banyak pertempuran, perjanjian, dan ketegangan politik yang terjadi antara dua negara ini. Selain itu, kerap ada stereotip-stereotip yang tercipta dari perselisihan keduanya.

Perang 100 tahun jadi puncak ketegangan Inggris dan Prancis. Dari sinilah, laga antara Inggris lawan Prancis jadi lebih dari sekadar laga sepak bola semata. Penulis Prancis, Jose-Alain Fralon, menyebut Inggris sebagai musuh tersayang Prancis.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Kelolosan Prancis: Malam Penuh Rekor

2. Sudah rutin bertemu di laga internasional

Inggris vs Prancis: Rivalitas Klasik di Piala Dunia 2022Striker Prancis, Olivier Giroud, usai cetak gol ke gawang Australia di Piala Dunia 2022. (twitter,com/FIFAWorldCup)

Inggris dan Prancis terbilang ruting bertemu di laga internasional. Tercatat, keduanya sudah bertemu 30 kali sejak 1923 silam. Dari 30 pertemuan tersebut, Inggris unggul dengan catatan 16 kemenangan, berbanding 11 kemenangan milik Prancis.

Namun, dalam enam pertemuan terakhir di semua kompetisi, Prancis sekarang sukses mengungguli Inggris. Total, mereka menang empat kali, dan hanya kalah sekali dari Inggris. Terbaru, dalam laga persahabatan, mereka menang 3-2.

3. Laga yang diprediksi akan berjalan panas

Inggris vs Prancis: Rivalitas Klasik di Piala Dunia 2022Timnas Inggris di laga vs Wales babak penyisihan grup B Piala Dunia 2022 (Twitter.com/Squawka)

Laiknya persaingan antara raja-raja Inggris dan Prancis di masa lalu, laga nanti diprediksi akan berjalan ketat. Apalagi, Inggris dan Prancis juga sedang berada dalam situasi yang sama-sama ciamik saat ini.

Inggris menjelma tim terproduktif, dengan torehan 12 gol dan rataan gol per laga mencapai tiga kali. Di sisi lain, Prancis juga jadi tim produktif kedua dengan torehan sembilan gol. Alhasil, laga perempat final Piala Dunia 2022 ini akan berjalan panas.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Inggris Pastikan Tantang Prancis

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya