Comscore Tracker

Insiden Timnas U-22 Gagal Uji Coba, Piala Menpora Nasibnya Bagaimana? 

Nasib Piala Menpora sempat dikaitkan dengan insiden Timnas

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali mengungkapkan, memastikan izin untuk Piala Menpora 2021 aman. Hal itu tidak terpengaruh oleh insiden gagalnya uji coba Timnas U-22 lawan Tira-Persikabo pada Rabu (3/3/2021) malam.

"Piala Menpora tetap jalan. Sempat ada kekhawatiran kalau terpengaruh dengan yang semalam (Timnas U-22 gagal lawan Tira-Persikabo). Ternyata tidak," ujar Zainudin dalam jumpa pers di Kemenpora, Kamis (4/3/2021). 

Baca Juga: Kisah Persikabo Bingung di Parkiran saat Batal Lawan Timnas U-22

1. Menpora janji bantu penyelenggaraan kompetisi sepak bola

Insiden Timnas U-22 Gagal Uji Coba, Piala Menpora Nasibnya Bagaimana? Pertemuan Menpora, PSSI, Polri, dan PT LIB soal izin Liga 1 2021. (Dok. Humas Kemenpora)

Lebih lanjut, Zainudin berjanji membantu penyelenggaraan kompetisi sepak bola Indonesia, termasuk Liga 1 dan Liga 2. 

Zainudin mencoba untuk menjembatani komunikasi antara PSSI dan Polri terkait kegagalan Timnas U-22 beruji coba dengan Tira-Persikabo, Rabu (3/3/2021) malam. Namun, pada akhirnya, izin kompetisi tetap ada di tangan Polri.

"Saya bilang, kami akan lakukan yang terbaik untuk sepak bola Indonesia. Namun, soal izin (kompetisi) itu urusan kepolisian. Saya hanya bisa membantu menyakinkan penyelenggaraan kompetisi benar-benar mematuhi protokol kesehatan," ujar Zainudin.

2. Laga uji coba jadi simulasi buat Piala Menpora

Insiden Timnas U-22 Gagal Uji Coba, Piala Menpora Nasibnya Bagaimana? TC Timnas U-23. (Website/pssi.org)

Zainudin juga menyebutkan, laga uji coba, yang sudah dijadwal ulang, oleh kepolisian ini nantinya akan jadi simulasi untuk Piala Menpora. Jika ada kekurangan dalam pelaksanaan uji coba, itu akan jadi catatan untuk PSSI, LIB, dan Kemenpora.

"Pertandingan uji coba ini juga bisa dijadikan sebagai ajang simulasi untuk 21 Maret 2021 nanti (Piala Menpora). Kalau ada kekurangan, tentu kami perbaiki. Tapi, kalau sudah oke, tidak ada masalah. Itu sebenarnya," ujar Zainudin.

3. Uji coba Timnas U-22 lawan Bali United dan Tira-Persikabo dijadwal ulang

Insiden Timnas U-22 Gagal Uji Coba, Piala Menpora Nasibnya Bagaimana? TC Timnas U-22. (Website/pssi.org)

Timnas Indonesia U-22 batal menggelar laga uji coba pada Rabu, 3 Maret 2021. Imbasnya, PSSI harus menjadwalkan ulang jadwal laga uji coba buat Timnas U-22, melawan Tira-Persikabo dan Bali United.

Skuad Garuda rencananya bakal bentrok dengan Tira-Persikabo pada Jumat 5 Maret 2021. Dua hari berselang, atau tepatnya pada Minggu 7 Maret 2021, mereka bakal melangsungkan pertandingan kontra Bali United.

"Hasil koordinasi PSSI dan Mabes Polri adalah pertandingan tetap berlangsung. Pertandingan pertama digelar 5 Maret 2021. Lalu, yang kedua digelar pada 7 Maret 2021 di Stadion Madya," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Ahmad Ramadhan.

"Pertandingan pertama Timnas U-22 melawan Tira-Persikabo. Kedua, berhadapan dengan Bali United. Waktunya adalah pukul 19.00 WIB," lanjut dia.

Baca Juga: Pengakuan PSSI Soal Insiden Memalukan Batalnya Uji Coba Timnas U-22

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya