Italia dan Portugal Adu Jotos Menuju Piala Dunia 2022

Qatar akan menunggu pemenang antara Portugal atau Italia

Jakarta, IDN Times - Hal yang ditakutkan akhirnya terjadi. Dua tim besar, Italia dan Portugal, harus adu jotos untuk memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 2022. Ini berarti, salah satu di antara Portugal bersama Cristiano Ronaldo atau juara Piala Eropa 2020, tidak akan ada di Qatar pada 2022 kelak.

Merunut hasil undian play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Italia dan Portugal tergabung dalam satu jalur yang sama, yakni path C. Selain dua tim tersebut, path C ini juga dihuni oleh Makedonia Utara dan Turki.

1. Banyak potensi yang bisa terjadi untuk Italia dan Portugal

Italia dan Portugal Adu Jotos Menuju Piala Dunia 2022Cristiano Ronaldo (Instagram.com/cristiano)

Sebelum Italia dan Portugal bersua, mereka akan berhadapan lebih dulu dengan lawan masing-masing di semifinal. Italia akan berhadapan dengan Makedonia Utara, sedangkan Portugal bersua Turki. Jika tak ada aral melintang, Italia dan Portugal bisa bertemu di final path C.

Namun, jangan anggap remeh Makedonia Utara dan Turki. Khusus Turki, mereka punya potensi besar untuk mengancam Portugal. Mereka dibela banyak pemain yang main di klub Eropa, termasuk Hakan Calhanoglu. Makedonia Utara juga punya potensi bikin Italia kesulitan.

Fokus jadi hal yang diperlukan Italia dan Portugal. Tidak fokus sedikit saja, babak final path C mungkin akan lewat dari genggaman mereka.

Baca Juga: Italia Terancam Gagal ke Piala Dunia 2022

2. Potensi terulangnya mimpi buruk Italia

Italia dan Portugal Adu Jotos Menuju Piala Dunia 2022Italia vs Lithuania. (twitter.com/Azzurri_En)

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Italia gagal lolos ke putaran final. Di play-off, mereka tumbang di tangan Swedia yang bermain spartan. Sekarang, mimpi buruk itu berpotensi terulang. Mereka harus bersua lawan yang lebih berat.

Namun, dengan talenta-talenta seperti Marco Verratti, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Federico Chiesa, dan Jorginho, Italia bisa mengatasi perlawanan Portugal. Namun, tetap saja Portugal sekarang juga berbeda. Mereka tidak cuma Ronaldo.

Ada Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Diogo Jota, Rui Patricio, Ruben Dias, dan beberapa pemain lain yang mulai menunjukkan sinarnya di Eropa. Italia tetap harus waspada, jika memang mereka tidak ingin mengulangi mimpi buruk.

3. Path lain juga menyajikan laga tak kalah seru

Italia dan Portugal Adu Jotos Menuju Piala Dunia 2022Inggris vs Skotlandia. (twitter.com/EURO2020)

Selain path C yang dihuni Italia dan Portugal, dua path lain di play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa juga menyajikan pertemuan yang tak kalah seru. Di path A, ada Ukraina, Wales, Skotlandia, dan Austria yang akan saling beradu.

Di path B, ada Swedia, Republik Ceko, Rusia, dan Polandia yang saling bersaing. Namun, tetap Italia dan Portugal yang jadi fokus di play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa ini. Qatar tinggal menunggu, apakah Portugal bersama Ronaldo, atau juara Piala Eropa 2020 yang akan hadir ke negara mereka.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya