Iwan Bule: Saya Hanya Partikel Kecil dari Keberhasilan PSSI

Iriawan nilai pemain yang paling berjasa atas kemenangan tim

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, merespons berita kontroversial di situs resmi federasi yang berjudul "Pecahnya Rekor 42 Tahun," Dalam berita itu, nama Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, disanjung setinggi langit.

Ditemui di Stadion Manahan, Sabtu (11/6/2022), Iwan Bule menampik bahwa dirinya tidak pernah memberikan pernyataan seperti itu. Dia tidak pernah mengklaim diri sebagai yang paling berjasa di balik kesuksesan Timnas Indonesia membekuk Kuwait.

"Saya hanya bagian kecil dari yang menyukseskan Timnas Indonesia dan PSSI. Ada banyak aktor utama lain seperti Pak Presiden, Menpora, pelatih (Shin Tae Yong), dan tentunya pemain nomor satu. Saya tidak pernah bicara gitu makanya saya bingung," ujar Iwan.

1. Iwan Bule heran berita itu bisa naik ke situs PSSI

Iwan Bule: Saya Hanya Partikel Kecil dari Keberhasilan PSSIKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di Kemenpora, Rabu (21/4/2021). (IDN Times/(Sandy Firdaus)

Iwan sendiri mengaku, dia merasa heran kenapa berita itu bisa naik di situs resmi PSSI. Dia pun sempat bertanya ke tim media PSSI, kenapa berita itu bisa naik. Dia malah heran kenapa berita yang menjelekkan dirinya justru tidak naik.

"Saya tanya ke Dirut Media (PSSI) kenapa dinaikin (berita itu). Yang harus ditanya memang penulisnya, kenapa dia tulis begitu, apalagi dia pakai sudut pandangnya sendiri. Ada juga (berita) yang jelekin saya kok tidak naik?" ujar Iwan dengan nada bertanya.

Baca Juga: PSSI dan Iwan Bule Kena Damprat Netizen Usai Indonesia Bekuk Kuwait

2. Iwan alamatkan apresiasi kepada pemain dan pelatih

Iwan Bule: Saya Hanya Partikel Kecil dari Keberhasilan PSSIKetum PSSI pantau latihan Timnas U-19 (Website/pssi.org)

Pada akhirnya, Iriawan pun mengalamatkan apresiasinya untuk pemain dan pelatih. Menurutnya, pemain dan pelatihlah aktor utama dari keberhasilan PSSI dan Timnas Indonesia. Sebagai Ketum, dirinya hanya memberi semangat saja.

"Jadi intinya buat saya ya, biasa saja karena sudah biasa. Kan Ketua Umum PSSI hanya pesuruh sepak bola saja, keroco saja, kalau di-bully saja ya kita terima," ujar Iriawan.

3. Iwan Bule sempat kena damprat warganet

Iwan Bule: Saya Hanya Partikel Kecil dari Keberhasilan PSSIKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) mengunjungi stadion Mandala Krida Yogyakarta. (IDN TImes/Tunggul Kumoro)

Jagat Twitter bergemuruh pada 9 Juni 2022, merespons kemenangan Indonesia atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan 2-1 Indonesia atas Kuwait, Rabu (8/6/2022), langsung diklaim sebagai keberhasilan Iriawan yang ditulis di website resmi PSSI.

Dalam artikel dengan judul "Pecahnya Rekor 42 Tahun", tercantum nama Iwan Bule (sapaan akrab Iriawan) yang diklaim sebagai tokoh sentral kemenangan Indonesia atas Kuwait.

Klaim tersebut membuat warganet berang. Mereka tak terima, merasa perjuangan para pemain Timnas Indonesia dan kerja keras Shin Tae Yong di pinggir lapangan dikesampingkan.

Reaksi keras warganet begitu kencang, menyindir PSSI dan Iwan Bule. Mereka merasa kalau Iwan Bule terlalu cari panggung dalam kesuksesan Timnas dan PSSI.

"This article is s***," begitu cuitan akun @Uzamzal, sambil mengunggah potongan quote yang sudah dituliskan ulang IDN Times dari situs resmi PSSI.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya