Izin Pramusim Liga 1 Turun, Tolong Ingat Pesan Menpora

Pramusim lancar, maka izin Liga 1 dan Liga 2 turun

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang buat sepak bola Indonesia. Polri memberikan izin penyelenggaraan turnamen pramusim Liga 1 dan Liga 2, yang bertajuk Piala Menpora 2021. Turnamen ini rencananya akan dimulai pada 20 Maret 2021 mendatang.

Menanggapi hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali menyebut, ia meminta komitmen semua pihak dalam mensukseskan gelaran turnamen pramusim ini. Jika pramusim berjalan sukses, izin Liga 1 dan Liga 2 2021 sudah dipastikan turun dari kepolisian.

"Tentu (kepercayaan Polri) ini tak hanya dijaga oleh Ketum PSSI dan Dirut LIB saja, tidak mungkin. Partisipasi dan kontribusi dari pemilik klub, para pimpinan kelompok suporter, itu juga sangat berpengaruh signifikan terhadap suksesnya penyelenggaraan kompetisi," ujar Zainudin Amali dalam siaran pers di YouTube Kemenpora RI, Kamis (18/2/2021).

1. Pramusim jadi tantangan bagi semua

Izin Pramusim Liga 1 Turun, Tolong Ingat Pesan MenporaLiga-Indonesia.id

Lebih lanjut, Zainudin menyebut turnamen pramusim ini akan jadi ujian bagi semua pemangku kepentingan sepak bola Indonesia. Komitmen mereka akan diuji, mampukah mereka menjawab kepercayaan yang diberikan Polri atau tidak.

"Ini (pramusim) menjadi ujian buat kita. Ujian buat Menpora yang menjamin, buat PSSI dan LIB yang mengajukan izin, dan untuk para pemilik klub hingga pimpinan suporter," ujar Zainudin Amali.

"Bisa tidak kita melakukan yang sudah jadi komitmen, melaksanakan apa yang sudah dipaparkan. Kalau itu bisa, Insya Allah kita bisa berlanjut ke kompetisi (Liga 1 dan Liga 2) yang direncanakan setelah Idul Fitri. Sekali lagi, semua tergantung sama kita," lanjutnya.

2. PSSI dan LIB berencana gelar Piala Menpora 2021

Izin Pramusim Liga 1 Turun, Tolong Ingat Pesan MenporaPemain PSM Makassar, Rizky Pellu (tengah), saat berusaha melewati hadangan gelandang Bhayangkara FC yakni Sani Rizki Fauzi (kiri) dalam pertandingan pekan ke-14 Liga 1 2018, Minggu (15/7/2018), di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Laga tersebut berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan PSM. (Liga-Indonesia.id)

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan menggelar turnamen pramusim bernama Piala Menpora 2021. Selain menjadi ajang pramusim, turnamen ini juga akan jadi tolak ukur penerapan protokol kesehatan dalam pertandingan sepak bola di Indonesia.

"Rencana ada turnamen pramusim 2021. Apabila turnamen pramusim bisa berjalan baik, suporter tertib, protokol kesehatan terlaksana, maka Liga 1 dan 2 akan diizinkan. Ini jadi uji coba, nanti dilihat pihak kepolisian, bisa tidak federasi dan suporter menjalankan protokol kesehatan?" ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam siaran YouTube Kemenpora, Kamis (18/2/2021).

3. Polri beri izin turnamen pramusim Liga 1 dan Liga 2

Izin Pramusim Liga 1 Turun, Tolong Ingat Pesan MenporaMenpora Zainudin Amali temui Kapolri Jendral Listyo Sigit bahas Liga I di Mabes Polri, Senin (8/2/2021) (Dok. Humas Polri)

Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan izin terkait penyelenggaraan pramusim Liga 1 dan Liga 2 2021. Pengumuman ini disampaikan langsung Listyo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Kamis (18/2/2021).

"Kami akan coba untuk memberikan izin terkait penyelenggaraan turnamen pramusim (untuk Liga 1 dan Liga 2). Tentunya, kami akan lihat apakah penyelenggaraan bisa dilaksanakan sesuai dengan syarat-syarat yang diberikan (penegakan protokol kesehatan COVID-19)," ujar Listyo dalam siaran YouTube Tribrata TV, Kamis (18/2/2021).

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya