Jacksen Harap 2 Pemain Persis bisa Masuk Timnas U-20

Dua pemain muda Persis tampil apik lawan PSS

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persis Solo, Jacksen F. Tiago, mengomentari penampilan dari dua pemain muda yang dia turunkan di laga lawan PSS Sleman,  Fariz Zainadin dan Althaf Indie Alrizky.

Menurutnya, dua pemain ini tampil apik dalam laga pembuka Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (12/6/2022). Laga tersebut pun berakhir imbang 0-0.

Jacksen menggaransi, Fariz dan Althaf layak masuk Timnas U-20 Indonesia. Dia pun mendoakan agar dua pemain ini bisa masuk skuad Garuda Muda yang akan mentas di Piala Dunia U-20 2023.

"Saya sendiri memprediksi jika suatu saat nanti Coach Timnas [Indonesia] nonton Fariz dan Althaf, mereka bisa masuk Piala Dunia U-20 2023 bersama Timnas U-20," ujar Jacksen dalam sesi jumpa pers selepas laga.

1. Jacksen mengakui kualitas dari dua pemain ini

Jacksen Harap 2 Pemain Persis bisa Masuk Timnas U-20Persis vs PSS di Piala Presiden 2022. (Dok. PSSI Pers)

Secara khusus, Jacksen juga memuji kualitas dari Fariz dan Althaf. Menurutnya, mereka punya mental bagus dan mampu tampil tenang di laga lawan PSS. Apiknya mental dua pemain ini jadi sebuah alarm tersendiri bagi pemain lain.

"Nyali mereka (Fariz dan Althaf) tidak ciut ketika harus bersua senior, dan ini jadi alarm tersendiri bagi pemain lain. Selain itu, hal ini juga jadi sinyal bagus bagi para pemain muda Persis, bahwa mereka berpeluang naik ke tim senior," ujar Jacksen.

Baca Juga: Beli Pemain Asing, Persis Solo Diperkuat Jebolan Barcelona 

2. Jangan terlalu memuji dua pemain muda ini

Jacksen Harap 2 Pemain Persis bisa Masuk Timnas U-20Persis vs PSS di Piala Presiden 2022. (Dok. PSSI Pers)

Kendati melemparkan pujian, Jacksen juga mengingatkan agar tidak terlalu memuji Fariz dan Althaf secara berlebihan. Justru, dia mengingatkan agar perkembangan mereka sebagai pemain diawasi sedemikian rupa, termasuk oleh suporter.

"Untuk Fariz dan Althaf, biarkan mereka menunjukkan kemampuan mereka. Jangan terlalu memuji dan menyanjung karena mereka masih muda, tapi yang terpenting mereka bermain dengan luar biasa,” ujar Jacksen.

3. Persis sempat sumbang pemain ke Timnas Indonesia

Jacksen Harap 2 Pemain Persis bisa Masuk Timnas U-20Instagram/jauhariirfan7 (potret Irfan Jauhari berseragam Timnas)

Persis memang sempat menyumbang beberapa pemain untuk ikut pemusatan latihan bersama timnas, baik itu Timnas U-19 maupun U-23. Pada Maret 2022, ada empat pemain yang dipanggil Timnas U-19, yakni Dimas Maulana, Aulia Ramadhan Lubis, Marcell Januar Putra, dan Erlangga Setyo.

Kemudian, pada Februari 2022, ada dua pemain Persis yang juga sempat mencicipi pemusatan latihan bersama Timnas U-23. Mereka adalah Irfan Jauhari dan Kanu Helmiawan. Irfan bahkan jadi andalan Shin Tae Yong di SEA Games 2021.

Baca Juga: [BREAKING] Persis Gagal Menang di Laga Pembuka Piala Presiden 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya