Comscore Tracker

Jadi Manajer RANS Cilegon FC, Pengalaman Baru buat Hamka Hamzah

Hamka juga nantinya akan jadi player-manager

Jakarta, IDN Times - Mulai 2021 nanti, jika Liga 2 terlaksana, Hamka Hamzah akan mendapatkan peran baru. Ia didaulat untuk menjadi manajer tim yang baru diresmikan pada Rabu (31/3/2021), RANS Cilegon FC.

Sekadar informasi, RANS Cilegon FC adalah klub yang dimiliki oleh Raffi Ahmad selaku pemilik RANS Entertainment, serta Rudy Salim selaku Presiden Direktur Prestige Motorcars. Klub ini merupakan hasil akuisisi dari klub yang mentas di Liga 2, Cilegon United FC.

Bagi Hamka, menjadi seorang manajer tim adalah pengalaman baru. Namun, lewat peran ini juga, ia ingin membuka mata pemain lain bahwa ada peran-peran di sepak bola yang bisa diambil selepas pensiun, selain tentunya menjadi pelatih.

"Jadi ini salah satu contoh juga yang bagus buat mantan pemain, bukan hanya berkecimpung di dunia kepelatihan," ujar Hamka di Prestige Image Motorcars, Pluit, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: Nilai Investasi Raffi Ahmad di RANS Cilegon FC Capai Rp300 Miliar

1. Hamka sebut ada pemain yang jadi manajer setelah pensiun

Jadi Manajer RANS Cilegon FC, Pengalaman Baru buat Hamka HamzahAcara peresmian RANS Cilegon FC. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Hamka pun mencontohkan ada pemain yang jadi manajer selepas pensiun. Ia adalah Bambang Pamungkas. Setelah pensiun, Bambang memutuskan untuk menjadi Manajer Persija. Hal itu jadi cermin bahwa pemain jadi manajer adalah sesuatu yang bisa dilakukan.

"Ada mas Bambang (Pamungkas) yang jadi manajer Persija dan juga ada saya. Ya kasarnya kan manajer juga digaji, jadi ya kenapa enggak. Mungkin untuk tim bisa mengambil legendanya untuk dijadikan manajer," ujar Hamka.

Baca Juga: Hamka Hamzah Pamit dari Persita, Kenapa? 

2. Hamka akan jadi player-manager di RANS Cilegon

Jadi Manajer RANS Cilegon FC, Pengalaman Baru buat Hamka HamzahAcara peresmian RANS Cilegon FC. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Hamka mengungkapkan, nantinya di RANS Cilegon ia tidak cuma menjadi manajer. Eks pemain Arema dan PSM tersebut nantinya akan jadi pemain juga. Istilah kerennya, Hamka akan menjadi player-manager di RANS Cilegon. Ini juga adalah sesuatu yang baru buatnya.

"Selama inikan hanya ada asisten merangkap pemain, nah ini saya mungkin satu-satunya di dunia, manajer rangkap jadi pemain. Jadi ya memang di usia saya yang ke-37 ini kalau bersaing ya masih bisa tetapi saya ingin fokus ke depan," ungkap Hamka.

Lebih lanjut, Hamka juga menyebut tidak diperlukan lisensi khusus untuk jadi manajer tim. Berbekal pengalaman yang ia punya di dunia sepak bola, Hamka yakin bisa menjalani tugas sebagai manajer dengan baik.

"Jadi manajer tidak perlu ada lisensi, jadi cukup pengalaman saya sebagai pemain," ungkapnya.

3. RANS Cilegon FC diperkenalkan pada Rabu (31/3/2021)

Jadi Manajer RANS Cilegon FC, Pengalaman Baru buat Hamka HamzahAcara peresmian RANS Cilegon FC. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Sebuah langkah mengejutkan diambil oleh Raffi Ahmad. Bersama dengan Prestige Motorcars, pemilik dari RANS Entertainment itu memutuskan untuk mengakuisisi klub Liga 2, Cilegon United, dan mengubah namanya menjadi RANS Cilegon FC.

Dalam acara peresmian yang digelar di Prestige Image Motorcars, Rabu (31/3/2021), Raffi memperkenalkan RANS Cilegon FC, klub yang menjadi ejawantah dari keinginannya melebarkan sayap bisnis ke dunia sepak bola. Selain itu, lewat RANS Cilegon FC ini, Raffi mengaku ingin memberikan sumbangsih bagi sepak bola Indonesia.

"Ketika pihak dari Cilegon United FC memberi penawaran kepada RANS untuk membantu dan bekerja sama membesarkan nama tim, saya sebagai pecinta olahraga tertarik dan punya keinginan untuk membesarkan nama sepak bola Indonesia," ujar Raffi.

Baca Juga: RANS Cilegon FC, Sumbangsih Raffi Ahmad untuk Sepak Bola Indonesia

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya