Comscore Tracker

Jadon Sancho Bangkitkan Tradisi Winger di Manchester United

Jadi penerus David Beckham dan Cristiano Ronaldo

Jakarta, IDN Times - Dahulu kala, Manchester United memiliki sebuah tradisi. Mereka kerap diperkuat oleh winger-winger andal yang menjadi motor permainan tim. Sebut saja Ryan Giggs, David Beckham, hingga Cristiano Ronaldo. Kini, tradisi itu berpotensi terulang setelah hadirnya Jadon Sancho.

United baru saja mengumumkan peresmian kepindahan Sancho dari Borussia Dortmund. Mahar sebesar 73 juta pound sterling digeontorkan oleh manajemen 'Iblis Merah' untuk mengangkut Sancho. Bukan tanpa alasan United keluar duit sebegitu banyak untuk merekrut Sancho.

Dengan kemampuannya, Sancho bisa menghidupkan lagi tradisi winger ciamik yang sudah lama menghilang di United. Apalagi, Sancho datang tidak dengan tangan hampa, setelah empat musim lamanya berkelana di Jerman bersama Dortmund.

1. Nama Sancho berkibar di Jerman

Jadon Sancho Bangkitkan Tradisi Winger di Manchester UnitedGoal.com

Selepas mengantarkan Timnas Inggis U-17 masuk final Piala Dunia U-17 pada 2017 silam, nama Sancho sudah jadi perbincangan Lulusan akademi Manchester City itu jadi salah satu penampil yang menonjol di ajang tersebut, bersama rekan satu akademinya di City, Phil Foden.

Sadar bahwa pemainnya menarik perhatian, City mulai menyodorkan kontrak profesional untuk Sancho, dengan total gaji mencapai 30.000 pounds per pekan. Namun, Sancho yang saat itu memang ingin mengincar jam terbang, memutuskan untuk tidak mengambil tawaran tersebut.

Dortmund datang menawarkan kesempatan. Kendati harus berjuang di luar negeri, Sancho menerima tawaran tersebut dan mulai menegaskan talentanya di tanah Jerman. Empat tahun berlalu, apa yang Sancho lakukan tidak sia-sia.

Total, selama empat musim berseragam Dortmund, Sancho sukses mencetak 50 gol dan 64 asis dari 137 penampilan di semua ajang. Ia juga berhasil membawa Dortmund menjuarai Piala Super Jerman dan DFB Pokal. Dari sinilah, nama Sancho semakin harum dan prestasinya ini sampai ke tanah Inggris.

Dengan langkah-langkah terukur yang sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, United akhirnya berhasil mengamankan tanda tangan Sancho. Ekspektasi mulai muncul, apalagi Sancho yang sekarang sudah berkembang jauh dibandingkan Sancho empat tahun lalu.

Baca Juga: Jadon Sancho Berseragam MU, Rio Ferdinand: Fokus pada Sepak Bola!

2. Sancho bisa membuat sisi sayap United lebih eksplosif

Jadon Sancho Bangkitkan Tradisi Winger di Manchester Unitedmanchestereveningnews.co.uk

Sebelum kedatangan Sancho, United sejatinya sudah punya banyak pemain yang bisa beroperasi di sisi sayap. Ada Daniel James yang memiliki kecepatan apik. Ada juga Mason Greenwood dan Marcus Rashford yang dapat menjadi finisher yang menyelinap dari sisi sayap.

Namun, kualitas dari para pemain itu tidak saling melengkapi, sehingga tidak jarang United kerap mengalami kebuntuan, terutama menghadapi tim yang menerapkan skema pertahanan ketat. Nah, Sancho adalah sosok winger komplet yang bisa membuat sayap United lebih eksplosif.

Manajer United, Ole Gunnar Solskjaer, ingin agar timnya bermain cair, terutama ketika menyerang. Permutasi posisi adalah hal yang wajib dilakukan, sehingga pemain tidak terpatok pada satu posisi. Sancho adalah winger yang fasih dalam melakukan hal tersebut.

Sebagai seorang winger, Sancho adalah pemain yang fleksibel. Ia tidak cuma lihai mendribel bola dan mengeksploitasi ruang, ia juga adalah winger yang andal dalam menerima bola dari sudut berbeda-beda, plus punya kemampuan untuk mencari ruang sendiri di lini pertahanan.

Sancho juga pandai menciptakan ruang buat rekan-rekan setimnya. Dari sisi sayap, ia terkadang melakukan dribel ke kotak penalti untuk menarik bek, lalu nantinya akan membagi bola dengan pemain lain di lini kedua. Ia juga aktif bergerak di area sepertiga akhir.

Kehadiran Sancho ini dipercaya dapat jadi penopang pemain-pemain lain di lini depan, seperti Edinson Cavani atau Rashford. Dengan adanya Sancho ini, kedua pemain itu dapat memanfaatkan ruang yang diciptakan Sancho untuk menyelesaikan peluang yang ada.

3. Rintangan buat Sancho di Manchester United

Jadon Sancho Bangkitkan Tradisi Winger di Manchester UnitedInstagram

Sebagai seorang winger, kemampuan dribel, teknik, serta eksplosivitas Sancho memang tidak perlu diragukan lagi. Ia adalah salah satu winger potensial di Eropa saat ini, maka tak heran United rela merogoh kocek sedemikian dalam untuk merekrut Sancho.

Namun, ada satu hal yang perlu Sancho sesuaikan saat datang ke Inggris nanti. Ia perlu meningkatkan kondisi fisiknya, terutama soal massa dan kekuatan otot. Kai Havertz dan Timo Werner kesulitan di musim perdananya di Inggris gara-gara tidak menyesuaikan kondisi fisik ketika pindah ke Chelsea.

Jangan sampai Jadon Sancho mengalami hal ini. Kemampuan teknik Sancho yang oke ini kudu dilengkapi dengan kekuatan fisik mumpuni. Jika sudah begitu, baru Manchester United akan merasakan kekuatan dari Sancho, yang dapat menghidupkan lagi tradisi winger apik di Old Trafford.

Baca Juga: Akankah Jadon Sancho Memakai Nomor 7 di Manchester United?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya