Jakmania Bandel, Satgas COVID-19 Harap Tak Ada Ledakan Kasus

Satgas COVID-19 akan memantau hingga 10 hari ke depan

Jakarta, IDN Times - Kabid Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19, Alexander K Ginting, menyebutkan saat ini pihaknya tengah dalam posisi memantau situasi pasca terjadinya kerumunan akibat oknum Jakmania yang berkonvoi di depan Bundaran Hotel Indonesia, Sudirman, Jakarta, Senin dini hari (26/4/2021). Mereka berharap tidak ada lonjakan kasus COVID-19 selepas kerumunan di Bundaran HI.

"Kami akan menunggu tujuh sampai 10 hari mendatang. Dari sini, kami akan lihat bagaimana pengawasan dari akibat pelonggaran terhadap 3M ini, terutama soal kerumunan kemarin. Semoga dalam tujuh sampai 10 hari ke depan tidak ada lonjakan kasus," ujar Alexander dalam jumpa pers di Kemenpora, Selasa (27/4/2021).

1. Satgas sayangkan kerumunan yang terjadi

Jakmania Bandel, Satgas COVID-19 Harap Tak Ada Ledakan KasusJakmania berkerumun di kawasan Sudirman usai Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021 (dok. IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, Alexander menyebut pihak Satgas COVID-19 menyayangkan adanya kerumunan yang terjadi. Padahal, menurutnya, sepanjang gelaran Piala Menpora 2021, protokol kesehatan sudah diterapkan dengan baik.

"Satgas COVID-19 apresiasi penyelenggaraan Piala Menpora, tetapi soal suporter ini kami sangat menyayangkan ada kerumunan yang terjadi. Fokus terhadap 3M dan 3T, sejatinya harus jadi tanggung jawab bersama," ujar Alexander.

Baca Juga: Buntut Kerumunan HI, Polda Panggil Ketua Jakmania dan Presiden Persija

2. Kesehatan masyarakat adalah prioritas utama

Jakmania Bandel, Satgas COVID-19 Harap Tak Ada Ledakan KasusIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Alexander menyebut, menjaga kesehatan masyarakat saat ini adalah yang utama. Alhasil, penerapan protokol kesehatan adalah hal yang tak bisa ditawar lagi. Apalagi, saat ini Indonesia tengah menghadapi kenaikan kasus COVID-19.

"Menjaga kesehatan masyarakat adalah prioritas utama. Oleh karena itu bagi kami, (protokol kesehatan) ini tidak bisa ditawar-tawar. Apalagi kita sedang menghadapi kenaikan kasus. Pedoman 3M dan 3T harus jadi bagian kehidupan kita, tidak hanya milik pemerintah tetapi masyarakat," ungkap Alexander.

3. Polisi amankan 65 orang dalam kasus kerumunan di HI

Jakmania Bandel, Satgas COVID-19 Harap Tak Ada Ledakan KasusKetum PSSI, Menpora, dan Asops Kapolri di Gedung Kemenpora. (IDN Times/Sandy Firdaus))

Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto, mengungkapkan Polda Metro Jaya sudah mengamankan 65 orang oknum Jakmania, buntut dari kerumunan di Bundaran HI pasca Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021. Sekarang, mereka sudah dipulangkan.

"Dari kejadian HI, Polda Metro Jaya sudah memeriksa 65 orang, ada satu perempuan diamankan, 12 anak-anak, sisanya orang dewasa. Sudah dilakukan pemeriksaan kepada mereka. Pada 26 April 2021 pagi, mereka sudah dipulangkan dengan membuat pernyataan," ujar Imam di kantor Kemenpora, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Kerumunan Jakmania di Bundaran HI Bermula dari Media Sosial

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya