Jelang Timnas U-23 Vs Thailand: Asnawi Absen, Saddil Datang

Asnawi kena akumulasi, dan Saddil tiba dari Malaysia

Jakarta, IDN Times - Kabar buruk sekaligus kabar baik didapatkan Timnas U-23 Indonesia jelang bersua Thailand di semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022). Asnawi Mangkualam absen, sedangkan Saddil Ramdani sudah tiba lagi di Vietnam.

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong, mengungkapkan jika Asnawi absen lantaran hukuman akumulasi kartu. Beruntung, saat Asnawi absen, Saddil sudah datang dari Malaysia ke Vietnam.

"Jadi untuk Asnawi tidak bisa dimainkan karena akumulasi kartu kuning dan untuk Saddil besok akan sampai di Vietnam," ujar Shin, dilansir situs resmi federasi.

1. Saddil Ramdani belum tentu mentas

Jelang Timnas U-23 Vs Thailand: Asnawi Absen, Saddil DatangTimnas U-23 di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Khusus Saddil, Shin belum memberi garansi apakah dia akan main atau tidak. Tim pelatih akan mengecek kondisinya terlebih dulu, baru kemudian diputuskan apakah pemain Sabah FC ini bisa mentas di laga lawan Thailand atau tidak.

"Jadi kami akan lihat dulu kondisi pemain tersebut seperti apa dan nanti akan dipikirkan dimainkan atau tidak di tanggal 19 nanti," ujar Shin.

Baca Juga: Head to Head Timnas U-23 vs Thailand di SEA Games, Garuda Ompong 

2. Shin minta skuad Timnas U-23 fokus

Jelang Timnas U-23 Vs Thailand: Asnawi Absen, Saddil DatangTimnas U-23 di SEA Games 2021. (pssi.org)

Shin meminta anak-anak asuhnya agar fokus menghadapi Thailand. Menurutnya, dengan status sebagai salah satu tim terbaik di Asia Tenggara, tim 'Gajah Perang' itu bisa menghadirkan kesulitan tersendiri bagi Timnas U-23.

"Untuk lawan Thailand kami memang harus benar-benar fokus pada pertandingan karena Thailand ini salah satu tim terbaik di Asia Tenggara," ujar Shin.

3. Sejarah buruk menyelimuti Timnas U-23

Jelang Timnas U-23 Vs Thailand: Asnawi Absen, Saddil DatangTimnas Indonesia U-23 berhasil kalahkan Filipina, 4-0, dalam duel di penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (dok. PSSI)

Sepanjang sejarah pertemuan lawan Thailand di SEA Games, tim Indonesia selalu kesulitan. Sejak pertama kali bertemu pada SEA Games 1977, Indonesia selalu kesulitan saat bersua tim Gajah Perang tersebut.

Indonesia dan Thailand sudah bertemu sebanyak 22 kali di ajang SEA Games, sejak 1977 silam. Dari 22 pertemuan itu, skuad Garuda benar-benar kalah telak dari tim Gajah Perang. Kemenangan adalah hal yang jarang didapat.

Total, Indonesia kalah 17 kali dari 22 pertemuan dengan Thailand sepanjang sejarah SEA Games. Sisanya, Indonesia hanya mampu menang dua kali dan meraih hasil imbang tiga kali. Alhasil, Timnas U-23 kudu waspada.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya