Jepang dan Arab Saudi Lolos ke Piala Dunia 2022

Jepang dan Arab Saudi susul Iran dan Korea

Jakarta, IDN Times - Jepang dan Arab Saudi sukses mengunci tiket ke putaran final Piala Dunia 2022. Kepastian itu didapat usai mereka memenangi laga kualifikasi yang dihelat pada Kamis (24/3/2022).

Jepang berhasil menumpas perlawanan Australia dengan skor 2-0, sedangkan Arab Saudi bermain imbang lawan China dengan skor 1-1. Berbekal sisa satu laga lagi, posisi Jepang dan Arab Saudi sudah tidak mungkin tersusul tim lain.

1. Jepang dominan lawan Australia

Jepang dan Arab Saudi Lolos ke Piala Dunia 2022website

Bertandang ke Stadium Australia, Jepang sudah tampil dominan sejak awal. Dimotori Takumi Minamino, Takuma Asano, Junya Ito, dan Ao Tanaka, mereka menekan lini pertahanan Australia secara konstan.

Minamino jadi pemain yang paling banyak mencetak peluang di laga ini. Sayang, di babak pertama peluang-peluang yang diciptakan pemain Liverpool itu tak ada yang berbuah menjadi gol.

Memasuki babak kedua, Jepang memasukkan beberapa sejumlah pemain baru, salah satunya Kaoru Mitoma. Pergantian ini membuahkan hasil. Pada menit 89, Mitoma membawa Jepang unggul 1-0.

Tidak cuma itu, selang beberapa menit kemudian, Mitoma berhasil mencetak gol kedua. Skor berubah 2-0, dan bertahan sampai laga tuntas. Jepang kembali ke Piala Dunia.

Baca Juga: Italia Gagal ke Piala Dunia 2022, Tragis!

2. Arab Saudi dapat hasil imbang

Jepang dan Arab Saudi Lolos ke Piala Dunia 2022potret Salem Al-Dawsari bersama Timnas Arab Saudi (the-afc.com)

Sementara itu dalam laga lain, Arab Saudi yang bersua China di Sharjah Stadium juga main dominan. Sejak awal babak pertama, mereka sudah menciptakan banyak peluang. Namun, mereka kesulitan mencetak gol.

Barulah pada menit 45+1, Arab Saudi memecah kebuntuan. Saleh Al Shehri membawa Arab Saudi unggul 1-0 atas China. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Arab Saudi.

Memasuki babak kedua, Arab Saudi tetap mendominasi pertandingan. Namun, sialnya mereka justru kebobolan. Pada menit 82, Zhu Chenjie membawa China menyamakan angka. Skor berubah 1-1 dan tidak berubah sampai laga tuntas.

3. Susul Iran dan Korea Selatan

Jepang dan Arab Saudi Lolos ke Piala Dunia 2022arabnews.com

Jepang dan Arab Saudi jadi negara Asia selanjutnya yang sukses memastikan tempat di putaran final Piala Dunia 2022. Mereka mengikuti jejak Iran dan Korea Selatan yang sudah lolos lebih dulu.

Ditambah Jepang dan Arab Saudi, total sudah ada 17 tim yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022. Babak kualifikasi sendiri masih akan berlangsung hingga akhir Maret mendatang.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Jadi Harapan Portugal Demi Piala Dunia 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya