Jerman Kalah, Timo Werner Jadi Pesakitan

Werner dicecar oleh Joachim Loew

Jakarta, IDN Times - Timnas Jerman meraih hasil mengecewakan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, Kamis (1/4/2021) dini hari. Bersua Makedonia Utara di Duisburg, mereka tumbang dengan skor 1-2.

Kekalahan ini jadi sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, Jerman benar-benar menguasai laga. Mereka mencatatkan 11 tembakan berbanding enam tembakan, serta menorehkan persentase penguasaan bola sebesar 62 persen, berbanding 38 persen milik Makdeonia Utara.

Namun, kembali lagi bahwa dominasi dalam laga bukan jaminan bagi sebuah tim meraih kemenangan. Jerman pun merasakan hal itu di pertandingan ini.

Baca Juga: Kenapa Masih Mandul Timo Werner? 

1. Jerman termakan serangan balik Makedonia Utara

Jerman Kalah, Timo Werner Jadi PesakitanPemain timnas Makedonia Utara Eljif Elmas melakukan selebrasi bersama rekan-rekan setimnya usai membobol gawang Jerman pada pertand’ngan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup J di Stadion MSV Arena, Duisburg, Jerman, Rabu (31/3/2021). Der Panzer keok 1-2 dari tamunya Makedonia Utara. ANTARA FOTO/Thilo Schmuelgen/Pool via REUTERS

Dalam laga tersebut, Makedonia Utara memang tidak banyak melancarkan serangan. Namun, setiap serangan yang mereka lancarkan terbilang efektif, sehingga mampu berbuah dua gol yang dicetak Goran Pandev dan Eljif Elmas.

Sisi sayap kerap jadi titik di mana Makedonia Utara melancarkan serangan. Enis Bardhi jadi motor serangan Makedonia Utara di laga ini, lewat torehan satu asis, dua umpan kunci, dan dua usaha dribel yang ia lakukan.

Baca Juga: 10 Pemain Makedonia Utara dengan Banderol Termahal Saat Ini

2. Timo Werner jadi pesakitan

Jerman Kalah, Timo Werner Jadi PesakitanPemain timnas Makedonia Utara Eljif Elmas (kanan) melakukan selebrasi usai membobol gawang Jerman pada pertand’ngan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup J di Stadion MSV Arena, Duisburg, Jerman, Rabu (31/3/2021). Der Panzer keok 1-2 dari tamunya Makedonia Utara. ANTARA FOTO/REUTERS/Wolfgang Rattay

Pada babak kedua, untuk menambah daya gedor serangan, Joachim Loew, pelatih Timnas Jerman memasukkan nama Timo Werner, menggantikan Kai Havertz. Namun, masuknya Werner nyatanya tidak memberikan perubahan apa-apa bagi lini serang Jerman.

Malah, pemain Chelsea tersebut membuang peluang emas yang ia dapat di menit-menit akhir laga. Sontak, hal tersebut membuat Loew naik pitam. Ia menekankan bahwa Werner, seharusnya, bisa mencetak gol dari peluang tersebut.

"Ia (Werner) seharusnya bisa mencetak gol, tidak diragukan lagi. Namun, ia justru tidak menyentuh bola dengan semestinya. Padahal, jika ia bisa menyentuh bola dengan bersih, ia bisa mencetak gol," ujar Loew, dilansir ESPN FC.

3. Kekalahan ketiga Jerman di Kualifikasi Piala Dunia

Jerman Kalah, Timo Werner Jadi PesakitanPemain timnas Makedonia Utara Goran Pandev (10) membobol gawang Jerman pada pertand’ngan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup J di Stadion MSV Arena, Duisburg, Jerman, Rabu (31/3/2021). Der Panzer keok 1-2 dari tamunya Makedonia Utara. ANTARA FOTO/Thilo Schmuelgen/Pool via REUTERS

Menurut catatan ESPN FC, sepanjang sejarah, Jerman hanya kalah dua kali di laga Kualifikasi Piala Dunia, yakni di tangan Portugal pada 1985 dan Inggris di tahun 2001. Namun, dengan hasil ini, sekarang jumlah kekalahan itu bertambah menjadi tiga.

Loew mengungkapkan, kekecewaan saat ini melingkupi timnya. Namun, peluang buat Jerman untuk menyengat balik terbuka lebar, karena Kualifikasi Piala Dunia 2022 masih menyisakan banyak laga di depan.

"Kekalahan hari ini jadi tamparan buat Timnas Jerman. Kami benar-benar kecewa, apalagi kami kalah dengan cara seperti itu (dominan tetapi susah mencetak gol)," ujar Loew.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Joachim Low di Tim Nasional Jerman

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya