Comscore Tracker

Jerman Kena Karma di Piala Dunia 2022, Benarkah?

Jerman kena imbas 2010

Jakarta, IDN Times - Percayakah kamu akan karma? Kadang dalam hidup, sesuatu buruk yang pernah kita lakukan akan berbalik pada kita dengan sendirinya. Nah, hal ini dialami Jerman di Piala Dunia 2022 ini.

Jerman memang meraih kemenangan atas Kosta Rika pada laga terakhir fase grup Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) dini hari. Mereka bahkan menang dengan skor 4-2. Namun, pada akhirnya, Jerman tetap tidak lolos.

Ada yang menyebut, Jerman kena karma di Piala Dunia 2022 ini. Eh, karma yang seperti apa yang menimpa Jerman? Semua berawal dari kejadian pada 2010 lalu, saat mereka bersua Inggris.

Baca Juga: Menekan, Jerman Hanya Unggul 1 Gol dari Kosta Rika di Babak Pertama

1. Jerman ditolong wasit ketika itu

Jerman Kena Karma di Piala Dunia 2022, Benarkah?Jerman 4-1 Inggris tahun 2010. (goal.com)

Dalam laga 16 besar Piala Dunia 2010, Jerman sudah bertemu dengan Inggris. Laga kala itu berlangsung ketat. Inggris memberikan perlawanan kepada Jerman. Namun, semua buyar pada menit 58, setelah gol Frank Lampard dianulir wasit.

Saat itu, wasit menganulir gol Lampard lantaran menganggap bola belum masuk gawang. Para pemain Inggris pun tidak terima. Dari tayangan ulang, bola sejatinya sudah melewati garis, seharusnya ada gol bagi Inggris.

Ketiadaan teknologi garis gol saat itu, ditambah minimnya pandangan wasit, menjadikan gol Lampard dianulir. Pada akhirnya, Jerman memenangi laga dengan skor 4-1 dan lolos hingga ke babak semifinal.

Baca Juga: Dominasi Inggris dan Jerman di 16 Besar Liga Champions 2022/23

2. Karma terjadi pada 2022 untuk Jerman

Jerman Kena Karma di Piala Dunia 2022, Benarkah?Jepang kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Pada gelaran Piala Dunia 2022, nasib Jerman berada di ujung tanduk. Tidak cuma harus menang atas Kosta Rika, mereka bergantung pada hasil yang didapatkan oleh Jepang ataupun Spanyol pada laga lain.

Semuanya baik-baik saja bagi Jerman, pada awalnya. Mereka menang dengan skor 4-2, dan membuka kesempatan untuk lolos ke babak 16 besar. Namun, hasil laga lain memberi fakta menyakitkan.

Jepang yang diprediksi akan tumbang di tangan Spanyol, justru menunjukkan performa ciamik. Mereka bahkan mengakhiri laga dengan skor 2-1. Hasil ini pun membuat Jerman harus angkat koper. Karma Jerman berlaku di gol kedua Jepang.

Sebelum Ao Tanaka mencetak gol, ada umpan yang diberikan Kaoru Mitoma. Sejatinya, Mitoma memberikan umpan saat bola sudah keluar garis lapangan. Namun, wasit tetap mengesahkan gol Jepang ini.

Andaikan gol Jepang itu tidak terjadi dan laga berakhir imbang atau justru Spanyol menang, maka Jerman bisa lolos ke 16 besar. Namun, takdir berkata lain. Jepang-lah yang menang sehingga Jerman pun gagal ke 16 besar.

Baca Juga: Jepang Tumbangkan Spanyol 2-1 via Gol Cepat pada Babak II

3. Jerman gagal ke 16 besar dua kali beruntun

Jerman Kena Karma di Piala Dunia 2022, Benarkah?Jepang kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Annegret HIlse)

Raihan buruk Jerman di Piala Dunia 2022 mengulangi catatan buruk yang mereka torehkan di Piala Dunia 2018. Saat itu, mereka gagal melaju ke fase gugur, bahkan sempat kalah dari Korea Selatan.

Kini, Jerman kembali gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Entah itu karma atau tidak, secara kemampuan, 'Die Mannschaft' memang sudah tidak semenakutkan ketika mereka jadi juara pada 2014 silam.

Baca Juga: Jepang Enggan Besar Kepala Usai Bekuk Jerman di Piala Dunia 2022

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya