Comscore Tracker

JIS Jadi Kawah Candradimuka Timnas Indonesia

Timnas Indonesia bisa menggelar TC di sini.

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengungkapkan ke depannya, Jakarta International Stadium (JIS) ini bisa menjadi Kawah Candradimuka bagi Timnas Indonesia. Di sini, mereka bisa melakoni pemusatan latihan (TC), ditopang oleh fasilitas-fasilitas pendukung ciamik.

"Timnas Indonesia, semua kelompok usia, sangat membutuhkan fasilitas seperti ini. Insya Allah dalam waktu yang tidak terlalu lama, kami sudah bisa memanfaatkan ini (JIS). Nantinya, Timnas pelan-pelan akan memanfaatkan lahan ini untuk TC," ujar Yunus dalam jumpa pers, Selasa (17/8/2021).

1. Timnas butuh lapangan representatif untuk TC

JIS Jadi Kawah Candradimuka Timnas IndonesiaSuasana lapangan latih usai diresmikan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (28/12/2020). JIS direncanakan mempunyai lapangan utama yang dapat menampung penonton hingga 82 ribu dengan fasilitas berstandar internasional. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Yunus mengakui, Timnas Indonesia memang butuh lapangan representatif untuk menggelar TC. Menurutnya, JIS ini sudah memenuhi kriteria tersebut. Tidak hanya dari segi lapangan, fasilitas pendukung di JIS juga cukup memadai.

"Kita tahu bersama, dengan pelatih yang profesional, mereka biasanya agak cerewet tentang lapangan. Hari ini, kami menjawabnya dengan lapangan cukup standar untuk latihan. Kami berterima kasih, apalagi di sekitar lapangan ini ada hotel bintang lima juga," ujar Yunus.

Baca Juga: Sah! Jakarta International Stadium Jadi Markas Baru Timnas Indonesia

2. Anies harap JIS melahirkan talenta berkualitas

JIS Jadi Kawah Candradimuka Timnas IndonesiaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya. Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berharap kerja sama antara PSSI dan PT Jakarta Propertino (Jakpro) soal pemanfaatan JIS akan melahirkan talenta-talenta hebat, terutama di sepak bola. Dia pun berharap ke depannya, kolaborasi ciamik ini terus berlanjut.

"Nantinya, di sini talenta-talenta terbaik Indoneisa berkumpul. Sayang, jika tidak melakukan kegiatan secara kolaboratif. Semoga dengan kerja sama antara PSSI dan Jakpro, talenta-talenta terbaik Indonesia bisa tumbuh dan berkembang," ujar Anies.

3. PSSI buka peluang adakan test event Piala Dunia U-20 di JIS

JIS Jadi Kawah Candradimuka Timnas IndonesiaLapangan Latih Stadion Jakarta International Stadium (JIS) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Pada 2023 nanti, Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. PSSI pun membuka peluang untuk mengadakan test event di JIS, tentunya dengan mengundang tim-tim kelas dunia.

"Nantinya, tim-tim dari Eropa, Afrika, dan Amerika Latin, bisa diundang ke Jakarta International Stadium untuk test event, misalnya untuk tahun depan. Bila memungkinkan, kami akan lapor ke Ketum PSSI untuk bisa kami undang beberapa negara, plus Timnas Indonesia tentunya," ujar Yunus.

Baca Juga: Shin Tae Yong Tunda Lagi Kembali ke Indonesia, Nasib Timnas Bagaimana?

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya