Jokowi: FIFA Tahu Ada Penolakan terhadap Israel di Piala Dunia U-20

Keikutsertaan Israel tak ada kaitan dengan politik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengatakan, FIFA sudah mengetahui tentang isu penolakan Israel dalam ajang Piala Dunia U-20 2023. Indonesia selaku tuan rumah pun masih mencari solusi yang terbaik.

"Saat ini FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. Tapi baik pemerintah maupun PSSI masih mencari solusi yang terbaik," ujar Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023).

Kendati banyak penolakan terhadap Israel, Jokowi menjamin bahwa keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 tidak mengubah posisi politik Indonesia terhadap Palestina.

Tidak cuma itu, Jokowi juga menjamin keikutsertaan Israel tak ada kaitannya dengan unsur politik. Dukungan terhadap Palestina akan selalu mengalir dari Indonesia.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat," ujar Jokowi.

Saat ini, untuk mencari solusi terbaik mengenai hal tersebut, Jokowi telah mengutus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, ke kantor FIFA di Swiss. Erick sendiri dikabarkan sudah berangkat pada Selasa (28/3/2023) malam WIB.

Baca Juga: Jokowi Utus Erick Thohir ke FIFA, Cari Solusi untuk Piala Dunia U-20

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya