Jubah Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Jadi Kontroversi

Apa nama jubah yang dipakai Messi?

Jakarta, IDN Times - Lionel Messi mengenakan sesuatu yang menarik dalam pesta perayaan gelar Piala Dunia 2022 Argentina. Sosok yang kini membela Paris-Saint Germain (PSG) itu tampak memakai jubah tertentu.

Jubah ini dipakaikan oleh pemimpin Qatar, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, kepada Messi. Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, agaknya Qatar ingin mempersembahkan sesuatu yang spesial kepada Messi selaku pemenang.

Namun, nyatanya jubah yang dipakai Messi ini menghadirkan kontroversi tersendiri. Nah, jubah apakah yang sejatinya dipakai Messi ini? Kenapa dia jadi kontroversi?

1. Apa nama jubah yang dipakai Messi ini?

Jubah Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Jadi KontroversiLionel Messi memenangkan Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina. (instagram.com/leomessi)

Jubah yang dipakai Messi dalam perayaan pesta juara Piala Dunia 2022 itu bernama jubah bisht. Jubah ini memiliki warna dominan hitam, dengan bentuk transparan, disertai aksen berwarna emas.

Dilansir Arab News, jubah bisht ini merupakan jubah tradisional dari Arab, yang lazim dipakai oleh laki-laki. Dahulu, bisht biasa dipakai oleh orang-orang Arab Badui, suku pengembara di Jazirah Arab.

Kini, bisht hanya dikenakan di acara-acara khusus dan penting, seperti pernikahan, festival, wisuda, dan juga acara Hari Raya Idul Fitri. Untuk harga, satu bisht diperkirakan berharga Rp415 ribu hingga Rp82,9 juta.

Baca Juga: Lionel Messi, Titisan Maradona Kini Sah Jadi GOAT

2. Jubah yang jadi kontroversi

Jubah Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Jadi KontroversiLionel Messi memenangkan Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina. (instagram.com/leomessi)

Nah, Messi mendapatkan kehormatan mengenakan bisht. Akan tetapi, tindakan dari Messi ini pada akhirnya malah mengundang kontroversi. Mantan pesepak bola Inggris, Gary Lineker, menyayangkan Messi yang malah memilih mengenakan bisht.

"Disayangkan bagaimana mereka (tuan rumah) menutupi jersey Argentina yang dikenakan Messi," ujar Lineker, dilansir Mirror.

Eks rekan setim Messi di Argentina, Pablo Zabaleta, juga menyayangkan tindakan Messi mengenakan bisht ini. Menurutnya, itu adalah sesuatu yang tidak perlu.

"Kenapa? Kenapa sih? Tidak ada alasan untuk melakukan hal itu (memakai bisht)," ujar Zabaleta.

3. Argentina keluar sebagai juara dunia

Jubah Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Jadi KontroversiLionel Messi memenangkan Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina. (instagram.com/leomessi)

Terlepas dari kontroversi yang menghiasi pemakaian bisht ini, Argentina dan Messi tetap ditahbiskan sebagai juara Piala Dunia 2022. Kepastian itu didapat setelah di laga final, mereka sukses menumbangkan Prancis.

Bagi Argentina, ini jadi gelar Piala Dunia ketiga mereka sepanjang sejarah, setelah 1978 dan 1986. Sedangkan bagi Lionel Messi, si pemakai jubah bisht, gelar ini mengakhiri dahaganya yang sudah tertumpuk selama bertahun-tahun lamanya.

Baca Juga: Argentina Borong Penghargaan di Piala Dunia 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya