Juventus dan Real Madrid Sama-sama Apes Tanpa Ronaldo

Juventus dan Madrid sempat limbung tanpa Ronaldo

Jakarta, IDN Times - Tak bisa dimungkiri, Cristiano Ronaldo adalah pemain penting di setiap klub yang dia bela. Hal itu juga yang berlaku saat dia membela Juventus dan Real Madrid. Alhasil, tak heran ketika dia pergi, Si Nyonya Tua dan Los Blancos begitu kelimpungan.

Per musim ini, Juventus yang baru saja ditinggal Ronaldo kesulitan bersaing dengan tim-tim lain di Serie A. Mereka terdampar di peringkat tujuh klasemen sementara Serie A 2021/22 dengan torehan 15 poin dari 10 laga. Terbaru, mereka bahkan tumbang di tangan Sassuolo.

Nasib dari Juventus ternyata sama seperti Madrid di periode awal tanpa Ronaldo. Saat itu, Madrid juga kelimpungan di LaLiga dan Liga Champions.

1. Tanpa Ronaldo, Madrid dan Juventus catatkan torehan serupa

Juventus dan Real Madrid Sama-sama Apes Tanpa Ronaldohttp://nypost.com/2017/04/14/cristiano-ronaldo-silenced-rape-accuser-with-375k-report/

Musim pertama setelah Ronaldo pergi, Madrid melalui 10 laga di LaLiga 2018/19 dengan torehan buruk. Mereka hanya mencetak 14 gol saja di LaLiga. Torehan ini jadi yang terburuk untuk Madrid sejak musim 2004/05.

Hal yang sama terjadi di Juventus musim ini. Dari 10 laga di Serie A 2021/22, mereka hanya mampu mencetak 14 gol. Torehan ini jadi yang terendah bagi mereka setelah musim 2001/02. Ditambah, mereka juga terdampar ke peringkat tujuh klasemen sementara Serie A.

Baca Juga: Transfer Pemain Serie A Mencurigakan, Kejaksaan Selidiki Juventus

2. Anomali dari ucapan Chiellini

Juventus dan Real Madrid Sama-sama Apes Tanpa RonaldoPesepak bola Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Inter Milan Alessandro Bastoni (kiri) dalam laga semi final leg kedua Coppa Italia, di Allianz Stadium, Turin, Italia, Selasa (9/2/2021). Pertandingan ini berakhir tanpa gol dan Juventus berhak melaju ke final karena menang 2-1 di pertandingan leg pertama. ANTARA FOTO/Reuters-Massimo Pinca

Buruknya penampilan Juventus ini jadi anomali tersendiri. Sebelumnya, Giorgio Chiellini menganggap penampilan Juventus membaik tanpa Ronaldo. Mereka juga tetap mampu bersaing, kendati sempat memulai Serie A 2021/22 dengan buruk.

"Lebih baik bagi kami jika dia pergi lebih awal. Kami akan punya waktu untuk menyiapkan diri lebih baik," ujar Chiellini, dilansir Goal International.

Namun, nyatanya ketiadaan Ronaldo justru memberikan efek buruk bagi Juventus. Kehilangan mesin gol membuat mereka jadi tim yang tumpul di Serie A musim ini.

3. Butuh waktu lama bagi Juventus untuk bangkit

Juventus dan Real Madrid Sama-sama Apes Tanpa RonaldoTim Juventus. (Twitter.com/juventusfc)

Meski sempat terpuruk, Madrid sukses bangkit dari ketergantungan dengan Ronaldo. Lewat penampilan ciamik Karim Benzema di depan, plus dukungan para pemain asal Brasil seperti Rodrygo dan Vinicius Junior, Madrid mampu bangkit.

Juventus mungkin harus melalui fase serupa terlebih dulu. Mereka harus membiasakan diri dengan ketiadaan Ronaldo, lalu menemukan sosok lain yang jadi mesin gol tim. Namun,seperti Real Madrid, Juventus juga mungkin saja membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga: Mereka yang Tampil Apik di Laga Barcelona vs Real Madrid

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya