Kalahkan Persebaya 2-1, Bhayangkara Kuasai Puncak Klasemen

Bhayangkara sempat tertinggal 

Jakarta, IDN Times - Persebaya tersungkur dalam laga pekan 20 Liga 1 2021/22. Bersua Bhayangkara FC di Stadion Ngurah Rai, Selasa (18/1/2022) malam, tim berjuluk 'Bajol Ijo' itu kalah dengan skor 1-2.

Gol-gol dalam laga ini dicetak oleh Taisei Marukawa (45+2') untuk Persebaya, serta Melvin Platje (72') dan Ezechiel N'Douassel (86') untuk Bhayangkara. Kemenangan ini membawa Bhayangkara kembali menguasai klasemen sementara liga.

1. Babak pertama, Persebaya mencatatkan keunggulan

Kalahkan Persebaya 2-1, Bhayangkara Kuasai Puncak KlasemenBhayangkara vs Persebaya. (ligaindonesiabaru.com)

Sejak awal babak pertama, kedua tim menurunkan para pemain terbaik. Persebaya memainkan Marselino Ferdinan, Taisei Marukawa, dan Bruno Moreira, sedangkan Bhayangkara memainkan Melvin Platje, Ezechiel N'Douassel, dan Lee Yoo Joon.

Persebaya coba mengambil inisiatif permainan. Marukawa dan Moreira mengatur aliran bola di lini tengah, berpadu dengan kecepatan dari nama-nama seperti Samsul Arif dan Marselino. Namun, serangan demi serangan ini tidak membuahkan hasil.

Pasalnya, serangan Persebaya terlalu terpusat ke sisi kiri pertahanan Bhayangkara. Buntunya serangan Persebaya ini dimanfaatkan betul oleh Bhayangkara. Mereka coba melepaskan serangan-serangan cepat, memanfaatkan tinggi badan Ezechiel.

Memasuki menit 25 laga, Persebaya melakukan inovasi. Tidak cuma dari sisi kanan, Persebaya mencoba menekan lewat sisi kanan. Marselino juga tidak hanya bergerak di sisi kanan. Dia mulai bergerak ke sisi kiri, bekerja sama dengan Moreira.

Kebuntuan Persebaya pun pecah pada menit 45+2. Upaya individu dari Marukawa sukses membobol gawang Bhayangkara. Diawali dari dribel, sepakan kaki kanan Marukawa membawa Persebaya unggul 1-0. Keunggulan Persebaya ini bertahan sampai laga tuntas 

Baca Juga: Persebaya Bungkam Bali United 3-1

2. Babak kedua, Bhayangkara membalikkan kedudukan

Kalahkan Persebaya 2-1, Bhayangkara Kuasai Puncak KlasemenBhayangkara vs Persebaya. (ligaindonesiabaru.com)

Memasuki babak kedua, perubahan langsung dilakukan oleh Bhayangkara FC. Beberapa pemain, seperti Adam Alis, Dendy Sulistyawan, dan Wahyu Subo Seto, dimasukkan untuk menambah daya serangan Bhayangkara.

Di sisi lain, Persebaya juga berbenah. Nama-nama seperti Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, dan Arsenio Valpoort dimasukkan oleh pelatih Aji Santoso. Perubahan-perubahan ini mulai membawa dampak, terutama bagi Bhayangkara FC.

Serangan demi serangan yang dilakukan Bhayangkara membuahkan hasil pada menit 72. Bermula dari sebuah umpan panjang ke arah kotak penalti, Ezechiel meneruskan bola ke arah Platje. Eks penggawa Bali United itu sukses menceploskan bola ke gawang Bhayangkara. Skor berubah 1-1.

Berkat gol Platje ini, Bhayangkara semakin menggila. Upaya serangan semakin gencar mereka lakukan, apalagi mereka ditopang pemain-pemain dengan dribel apik macam Adam Alis dan Dendy di babak kedua ini. Usaha Bhayangkara pun membuahkan hasil.

Pada menit 86, berawal dari sepakan bebas Anderson Salles, Ezechiel membobol gawang Bhayangkara lewat sundulannya. Skor berubah 2-1. Di sisa waktu babak kedua, Persebaya gagal menyamakan angka. Skor bertahan sampai laga tuntas, Bhayangkara berhasil merengkuh kemenangan.

3. Klasemen sementara Liga 1 2021/22

Kalahkan Persebaya 2-1, Bhayangkara Kuasai Puncak KlasemenBhayangkara vs Persebaya. (ligaindonesiabaru.com)

Kemenangan yang didapat Bhayangkara FC ini mengubah konstelasi persaingan di papan klasemen sementara Liga 1 2021/22. Kemenangan ini membawa Bhayangkara kembali memuncaki klasemen, menggeser Arema FC.

Sementara itu, kendati gagal menang atas Bhayangkara FC, posisi Persebaya tidak turun terlalu jauh. Mereka bertengger di peringkat tiga klasemen sementara Liga 1 2021/22, mengungguli Persib yang baru saja menang atas Borneo FC.

Baca Juga: Persebaya Bungkam Bali United 3-1

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya