Kaleidoskop 2020: Laga di Eropa Paling Menarik Sepanjang Tahun Ini

Ada nama Manchester United dan Liverpool, loh

Jakarta, IDN Times - Tahun 2020 akan segera berlalu, begitu juga dengan semua kenangan yang menyertainya. Namun, alangkah baiknya sebelum semua pergi, kita mengingatnya kembali, termasuk soal laga-laga sepak bola, karena banyak pertandingan menarik terjadi sepanjang tahun ini.

Ada banyak pertandingan sepak bola yang terjadi di tahun 2020. Namun, bisa dibilang, hanya sedikit yang pada akhirnya berakhir seru, menegangkan, serta diingat banyak orang. Untuk menyegarkan kembali ingatan kalian, mari simak laga-laga menarik yang sempat terjadi sepanjang 2020 ini.

1. Aston Villa vs Liverpool (Premier League 2020/21)

https://www.youtube.com/embed/0Nbw3jSafGM

Aston Villa menghadapi Liverpool dalam laga pekan empat Premier League 2020/21. Di laga ini, Aston Villa sejatinya tidak terlalu diunggulkan. Apalagi, Liverpool juga tampil dengan para pemain intinya seperti Virgil van Dijk, Sadio Mane, serta Roberto Firmino.

Namun, kenyataan di lapangan berkata lain. Villa tampil apik. Mereka memberondong gawang Liverpool dengan tujuh gol lewat torehan Ollie Watkins (hattrick), John McGinn, Ross Barkley, dan Jack Grealish (dua gol). Liverpool hanya mampu membalas dua kali lewat Mohamed Salah. Villa menang 7-2 di laga ini.

2. Liverpool vs Atletico Madrid (Liga Champions 2019/20)

Kaleidoskop 2020: Laga di Eropa Paling Menarik Sepanjang Tahun Inithisisanfield.com

Laga dramatis pernah terjadi di ajang Liga Champions 2019/20. Ketika itu, di babak 16 besar, Liverpool bertemu Atletico Madrid. Di leg pertama, tak ada yang spesial. Atletico menang 1-0. 

Memasuki leg kedua, barulah keseruan terjadi. Awalnya, Liverpool unggul satu gol lewat torehan Wijnaldum. Hingga waktu normal usai, tidak ada tambahan gol buat kedua tim. Agregat 1-1 memaksa laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Atletico mulai menggila saat memasuki babak tambahan. Setelah tertinggal oleh gol Roberto Firmino, Marcus Llorente mampu mencetak dua gol yang membuat Atletico berbalik unggul. Tambahan satu gol Alvaro Morata semakin menegaskan keunggulan Atletico, membuat mereka menang dengan skor 4-2.

3. Real Madrid vs Shakhtar Donetsk (Liga Champions 2020/21)

Kaleidoskop 2020: Laga di Eropa Paling Menarik Sepanjang Tahun IniShakhtar Donetsk. (Twitter.com/Squawka)

Kejutan terjadi di laga Grup B Liga Champions 2020/21. Shakhtar Donetsk, secara mengejutkan, mampu menundukkan Real Madrid dengan skor 3-2. Namun, kemenangan ini memang terasa wajar, apalagi jika melihat permainan Shakhtar yang begitu spartan.

Sepanjang laga, Shakhtar tidak lelah menekan para pemain Madrid. Belum lagi, serangan-serangan balik yang mereka lancarkan merupakan jaminan bahaya bagi lini pertahanan Los Blancos. Tete, Manor Solomon, dan Marlos jadi sosok kunci Shakhtar di laga tersebut.

Baca Juga: Kaleidoskop 2020: Saat Sepak Bola Eropa Terhantam Pandemik COVID-19

4. Inter Milan vs AC Milan (Serie A 2019/20)

Kaleidoskop 2020: Laga di Eropa Paling Menarik Sepanjang Tahun Iniinter.it

Duel pada laga pekan 23 Serie A 2019/20, antara Inter Milan menghadapi AC Milan di Giuseppe Meazza berlangsung sengit. Inter difavoritkan memenangi laga ini, terlebih ketika itu mereka jadi salah satu kandidat terkuat peraih Scudetto. Namun, Milan nyatanya menyimpan sengatan tersendiri.

Di babak pertama, Milan menyengat lewat dua gol yang masing-masing dicetak Ante Rebic dan Zlatan Ibrahimovic. Namun, di babak kedua, Inter mampu berbalik unggul. Bermula dari gl Marcelo Brozovic, gol-gol lain mulai berdatangan lewat Matias Vecino, Stefan de Vrij, dan Romelu Lukaku. Inter pun menang 4-2 di laga itu.

5. Manchester United vs Tottenham Hotspur (Premier League 2020/21)

https://www.youtube.com/embed/WCxaz4i_pmQ

Pekan ketiga Premier League 2020/21 mungkin akan jadi salah satu momen menyesakkan buat Manchester United. Menjamu Tottenham Hotspur di markas sendiri, Old Trafford, United hancur lebur dengan skor 1-6 di tangan Tottenham.

Serangan-serangan balik Tottenham nyatanya menjadi petaka United di laga ini. Gelontoran gol-gol Tottenham yang dicetak Son Heung-min (dua gol), Harry Kane (dua gol), Tanguy Ndombele, dan Serge Aurier, hanya berbalas satu gol United via penalti Bruno Fernandes.

6. Barcelona vs Bayern Muenchen (Liga Champions 2019/20)

https://www.youtube.com/embed/nMt56fQKLIQ

Salah satu laga yang mungkin paling akan dikenang di tahun 2020 adalah duel babak perempat final Liga Champions 2019/20, Barcelona melawan Bayern Munich. Hasilnya, Blaugrana dibuat malu Die Roten dengan skor yang tak tanggung-tanggung besarnya, yakni 2-8.

Setiap gol yang dicetak oleh Bayern hampir berasal dari pemain yang berbeda, kecuali dua gol Philippe Coutinho. Sisa enam gol lain dicetak Robert Lewandowski, Joshua Kimmich, Serge Gnabry, Ivan Perisic, dan Thomas Mueller.

Barcelona sendiri cuma membalas dua kali lewat gol bunuh diri David Alaba dan satu gol Luis Suarez. Dari hasil inilah, istilah 'Kawal 8-2' mulai marak di Indonesia.

Nah, berikut adalah beberapa pertandingan menarik yang terjadi di 2020 ini. Adakah pertandingan lain yang kalian ingat?

Baca Juga: Kaleidoskop 2020: 10 Momen Paling Diingat di Sepak Bola Eropa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya