Kali Ketiga, Timnas Indonesia Kalah di Semifinal Piala AFF

Indonesia kalah lagi di semifinal Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Catatan Timnas Indonesia di Piala AFF tak kunjung membaik. Dalam gelaran di tahun 2022 ini, skuad Garuda masih belum mampu keluar sebagai juara. Sialnya lagi, mereka gagal di babak semifinal.

Bersua Vietnam dalam dua leg semifinal, Indonesia tidak berdaya. Usai main imbang di leg pertama di Gelora Bung Karno (GBK), skuad Garuda kalah di leg kedua yang dihelat di My Dinh National Stadium. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal ke final.

Bukan cuma itu, ini jadi kekalahan ketiga Indonesia di babak semifinal Piala AFF. Sebelumnya, pada gelaran 1998 dan 2008, mereka juga pernah mengalami hal serupa.

1. Timnas Indonesia kalah di semifinal Piala AFF 1998

Kekalahan pertama Indonesia di babak semifinal Piala AFF terjadi pada 1998. Ketika itu, masih bernama Piala Tiger, Indonesia kalah dari Singapura dengan skor tipis 1-2.

Namun, kekalahan ini memang didului oleh peristiwa yang memalukan. Dalam laga terakhir fase grup lawan Thailand, Indonesia dianggap sengaja mengalah lewat gol bunuh diri Mursyid Effendi. Kedua tim ingin menghindari Vietnam saat itu.

Pada akhirnya, Singapura-lah yang keluar sebagai juara usai menumbangkan Vietnam di final. Sedangkan Indonesia, mereka harus puas duduk di peringkat ketiga.

Baca Juga: Lagi, Timnas Indonesia Kebobolan Lewat Aksi Tien Linh

2. Kalah di semifinal Piala AFF 2008

Kekalahan kedua Timnas Indonesia di babak semifinal Piala AFF terjadi pada 2008. Saat itu, dengan status sebagai tuan rumah bersama Thailand, Indonesia tak berkutik ketika bersua Thailand di babak semifinal.

Setelah kalah 0-1 di leg pertama yang dihelat di GBK, Indonesia kalah lagi 1-2 dalam leg kedua di Rajamangala. Bintang Thailand saat itu adalah Teeratep Winothai dan tentunya sosok Teerasil Dangda yang masih muda.

3. Timnas Indonesia gagal ke final Piala AFF 2022

Kini, kenangan buruk 1998 dan 2008 kembali terjadi di Piala AFF 2022. Bersua Vietnam di babak semifinal Piala AFF 2022, Indonesia kalah dengan total agregat 0-2.

Timnas Indonesia pun gagal melaju ke final Piala AFF 2022. Tidak cuma itu, skuad Garuda pun memupus impian mereka lagi untuk meraih trofi Piala AFF, sesuatu yang selalu lepas dari genggaman mereka sejak 1996.

Baca Juga: 3 Fakta Usai Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala AFF 2022

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya