Kanjuruhan Makan Korban, PSSI akan Geser Jadwal Malam Liga 1 2022/23

Tragedi Kanjuruhan menewaskan ratusan orang

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi mengungkapkan, federasi akan mulai mempertimbangkan jadwal malam di ajang Liga 1 2022/23. Hal itu dilakukan terkait tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

"Tentu dengan peristiwa ini, ada beberapa saran pendapat tentang keinginan mempercepat atau tidak dilangsungkan larut malam atau malam hari. Ini jadi pertimbangan yang baik dan memang harus diakomodir PSSI dan LIB," kata Yunus di Senayan, Minggu (2/10/2022).

1. Perubahan jadwal masih bisa terjadi di Liga 1

Kanjuruhan Makan Korban, PSSI akan Geser Jadwal Malam Liga 1 2022/23Persikabo vs Persija di Liga 1 2022/23. (Dok. Persikabo)

Yunus juga menegaskan, beberapa perubahan masih bisa terjadi untuk jadwal-jadwal Liga 1 2022/23 ke depannya. Hal ini untuk mengakomodasi kemungkinan berubahnya jadwal seiring tragedi yang terjadi di Kanjuruhan.

"Walau dalam perjalanan terjadi beberapa hal yang tidak baik khususnya dalam aspek keamanan, ini tentu akan jadi pertimbangan bagi PSSI dan LIB untuk akomodir penjadwalan yang kita ketahui bersama terjadi di malam hari," ujar Yunus.

Baca Juga: Jokowi Minta Kapolri Investigasi dan Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan 

2. PSSI akan melakukan investigasi terkait tragedi Kanjuruhan

Kanjuruhan Makan Korban, PSSI akan Geser Jadwal Malam Liga 1 2022/23Sekjen baru PSSI, Yunus Nusi, bersama Ketum PSSI. (pssi.org)

Lebih lanjut, Yunus mengungkapkan bahwa PSSI, beserta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga, akan melakukan investigasi terkait tragedi yang terjadi di Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam. Saat ini, PSSI dan LIB menuju ke Malang untuk investigasi.

"Ketum PSSI serta pengurus LIB sebentar lagi tiba di Malang untuk lakukan investigasi dan akan berkoordinasi dengan pihak keamanan, panpel, termasuk pihak klub Arema. Kami akan menunggu selengkapnya hasil investigasi ini," ujar Yunus.

3. Liga 1 2022/23 ditunda sepekan

Kanjuruhan Makan Korban, PSSI akan Geser Jadwal Malam Liga 1 2022/23Logo BRI Liga 1 2021/22 (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjatuhkan surat resmi penundaan Liga 1 pasca insiden berdarah di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 129 orang. Laga Persib vs Persija yang seyogyanya diadakan Minggu (2/10/2022), akhirnya dibatalkan.

Memang, insiden yang terjadi di Kanjuruhan dalam ajang Liga 1 2022/23 begitu memilukan. Bahkan, tragedi tersebut masuk ke dalam salah satu kericuhan terburuk dalam sepak bola dunia dan menempati posisi dua usai insiden di Estadio Nacional, Peru.

Baca Juga: Buntut Tragedi Kanjuruhan, IPW: Ketum PSSI Harus Mundur

https://www.youtube.com/embed/lP2wa-jX4mg

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya