Kecelakaan Pesawat, Presiden dan 4 Pemain Klub Brasil Palmas Tewas 

Mereka berencana menonton Palmas di Vila Nova

Jakarta, IDN Times - Klub asal Brasil Palmas tengah dirundung duka. Empat pemain dan presidennya tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat, Minggu, 24 Januari 2021 waktu setempat. Kecelakaan ini terjadi ketika pesawat baru akan lepas landas.

Dilansir laman resmi klub, empat pemain Palmas yaitu Lucas Praxedes, Guilherme Noe, Ranule, dan Marcus Molinari, serta Presiden Palmas Lucas Meira, dinyatakan meninggal dalam kecelakaan tersebut. Pilot pesawat juga dinyatakan tidak selamat.

"Pesawat lepas landas dan mengalami kecelakaan di ujung jalur Bandara Tocantinense Aviation Association, bandara kecil di dekat kota Palmas. Tidak ada yang selamat," ujar Palmas dalam keterangan resminya.

1. Pesawat akan menuju Goiania

Kecelakaan Pesawat, Presiden dan 4 Pemain Klub Brasil Palmas Tewas Ilustrasi pesawat (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Pesawat yang ditumpangi awak Palmas sejatinya berangkat menuju Goiania yang berjarak sekitar 800 km dari Palmas. Keempat pemain dan presiden ini rencananya akan menyaksikan laga Palmas lawan Vila Nova di babak 16 besar Copa Verde.

Copa Verde sendiri adalah sebuah turnamen yang mempertemukan tim-tim kecil di area selatan dan timur laut Brasil. Tim-tim macam Sao Paulo, Corinthians, atau CR Flamengo tidak turut serta dalam ajang ini.

Baca Juga: Momen Mengerikan Sebelum Pesawat yang Membawa Pemain Chapecoense Jatuh

2. Empat pemain dan presiden itu menggunakan pesawat pribadi

Kecelakaan Pesawat, Presiden dan 4 Pemain Klub Brasil Palmas Tewas Ilustrasi pesawat (IDN Times/Arief Rahmat)

Dilansir New York Post dari beberapa media di Brasil, empat pemain dan presiden Palmas ini menggunakan pesawat pribadi menuju Goiania. Mereka melakukan ini karena sebelumnya, mereka terpapar COVID-19.

Hari ketika mereka mengalami kecelakaan pesawat ini adalah hari terakhir masa isolasi mandiri mereka. Alhasil, mereka ingin ikut menonton Palmas, mengikuti para pemain Palmas yang sudah terbang ke Goiania menggunakan pesawat komersial.

3. Tragedi besar kedua setelah Chapecoense

Kecelakaan Pesawat, Presiden dan 4 Pemain Klub Brasil Palmas Tewas skysports.com

Tragedi kecelakaan pesawat ini jadi tragedi besar kedua yang pernah terjadi dalam beberapat tahun terakhir yang melibatkan klub Brasil. Pada 2016, klub asal Brasil lainnya, Chapecoense, juga pernah mengalami hal serupa.

Pada 2016, pesawat British Aerospace 146 milik LaMia Airlines yang ditumpangi para pemain Chapecoense jatuh. Ketika itu, Chapecoense akan bertolak ke Medellin, Kolombia, untuk menjalani partai final Copa Sudamericana.

Total, 76 orang meninggal dunia, termasuk para pemain Chapecoense yang ada di pesawat tersebut. Hanya dua pemain Chapecoense yang selamat. Mereka adalah Alan Ruschel dan Danilo.

Baca Juga: Solidaritas Amerika Latin: Chapecoense Juara Copa Sudamericana!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya