Kejutan Newcastle dan Brighton di Premier League Musim Ini

Newcastle kembali cicipi Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Gelaran Premier League 2022/23 telah rampung. Manchester City keluar lagi sebagai juara, mengungguli Arsenal.

Namun, ada kejutan tersendiri yang sukses diberikan dua klub musim ini, yakni Newcastle dan Brighton & Hove Albion.

Setelah terakhir mentas di Liga Champions pada musim 2002/03, Newcastle dipastikan kembali merasakan atmosfer ajang tersebut musim depan. Selain Newcastle, ada Brighton yang resmi mencicipi Liga Europa musim depan.

1. Newcastle jadi pelengkap zona Liga Champions

Kejutan Newcastle dan Brighton di Premier League Musim IniNewcastle United (skysports.com)

Untuk musim depan, Inggris mengirimkan empat wakil di Liga Champions. Selain Manchester City, Arsenal, dan Manchester United, ada Newcastle United yang juga dipastikan lolos. Mereka jadi pelengkap wakil Inggris.

Penampilan apik yang dipertontonkan Newcastle sepanjang musim, sukses membawa mereka melaju ke Liga Champions musim depan. Mereka berhasil mengungguli nama-nama besar lain macam Liverpool atau Chelsea.

Baca Juga: Klasemen Akhir Premier League 2022/23, Dongeng Leicester Terhenti

2. Brighton temani Liverpool di Liga Europa

Kejutan Newcastle dan Brighton di Premier League Musim IniManchester United melawan Brighton. (twitter.com/Squawka)

Di ajang Liga Europa, Inggris diwakili dua tim, yakni Liverpool dan Brighton. Aston Villa urung menemani mereka dan harus puas terlempar ke babak play-off Conference League. Khusus Brighton, capaian ini begitu luar biasa.

Untuk kali pertama sepanjang sejarah klub, Brighton akhirnya merasakan tampil di kompetisi Eropa. Sontak, mereka begitu antusias merayakan keberhasilan ini. Sedangkan Liverpool, mereka harus rela terdampar di ajang ini setelah enam tahun.

3. Newcastle dan Brighton bangkit

Kejutan Newcastle dan Brighton di Premier League Musim IniManchester United melawan Brighton. (twitter.com/Squawka)

Apa yang dialami Newcastle dan Brighton ini mencerminkan sebuah kebangkitan yang apik. Pada musim 2016/17, keduanya masih mentas di Divisi Championship, dan naik ke Premier League semusim berselang bersama Huddersfield Town.

Setelah turun naik yang mereka alami, akhirnya pada musim 2022/23, Newcastle dan Brighton menjelma jadi tim mengejutkan di Premier League. Buntutnya, slot tampil di kompetisi Eropa musim depan sukses mereka dapatkan.

Baca Juga: 5 Faktor Keberhasilan Newcastle United Gebrak Premier League 2022/2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya