Kelanjutan Liga 1 Belum Jelas, Marc Klok: Mana Profesionalisme Kalian?

Sampai saat ini kompetisi Liga 1 masih belum jelas

Jakarta, IDN Times - Setelah Persib Bandung dan Persija Jakarta mempertanyakan sikap PSSI soal kejelasan Liga 1, kini giliran pemain Persija, Marc Klok, bersuara.

Melalui akun Twitter-nya, menyoroti PSSI yang hingga kini tak kunjung menentukan kapan kick off Liga 1 akan digulirkan lagi.

""Mungkin dibatalkan" - Ayo, kita sudah tunggu 10 bulan. Tapi, masih abu-abu? Masih mungkin dibatalkan? Mana profesionalisme kalian? Mana kejelasannya?" demikian cuit Klo.

1. Persija minta PSSI segera pastikan kelanjutan kompetisi

Kelanjutan Liga 1 Belum Jelas, Marc Klok: Mana Profesionalisme Kalian?liga-indonesia.id

Direktur Persija, Ferry Paulus, juga menuntut kepastian dari PSSI dan PT Liga soal kepastian kompetisi. Sebab keputusan PSSI akan menjadi acuan bagi mereka untuk mempersiapkan tim, termasuk soal jadwal latihan dan kelanjutan kontrak para pemain.

"Kami memerlukan kepastian terkait kelanjutan kompetisi, apakah akan berjalan atau tidak," kata Ferry seperti dikutip dari  situs resmi Persija.

Baca Juga: Lapangan JIS Berstandar FIFA Diresmikan, Persija Beri Apresiasi

2. Liga 1 2020 sudah ditunda tiga kali

Kelanjutan Liga 1 Belum Jelas, Marc Klok: Mana Profesionalisme Kalian?Liga-Indonesia.id

Liga 1 2020 sendiri tercatat sudah tiga kali mengalami penundaan. Pertama, pada Maret 2020, liga ditunda akibat pandemik COVID-19 yang mulai merebak di Indonesia. Lalu, pertemuan demi pertemuan digelar sehingga akhirnya tercapai kesepakatan liga bakal berlanjut pada 1 Oktober 2020.

Kedua, hanya beberapa hari jelang 1 Oktober, PSSI memutuskan untuk menunda kembali kompetisi ke 1 November lantaran izin kepolisian tidak turun. Ketiga, penundaan lagi-lagi terjadi dan Liga 1 akhirnya diputuskan bakal berlanjut pada Februari 2021.

Namun, peluang untuk penundaan masih terjadi, mengingat izin kepolisian belum turun sampai kini. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, bahkan meminta PSSI menghentikan saja kompetisi musim 2020 dan fokus pada kompetisi musim 2021.

"Jadi, pesan saya adalah berhenti memikirkan kompetisi musim 2020 bagaimana pun posisinya di klasemen. Hentikan itu berdasarkan peraturan dan fokus menghadapi Liga 1 musim 2021," ujar Alberts.

3. PSSI bakal gelar rapat Exco pada pertengahan Januari

Kelanjutan Liga 1 Belum Jelas, Marc Klok: Mana Profesionalisme Kalian?Logo PSSI. (Website/pssi.org)

PSSI selaku otoritas sepak bola Indonesia angkat bicara mengenai nasib kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Mereka berencana mengadakan rapat bersama Komite Eksekutif (Exco) pada pertengahan Januari 2021.

Rapat itu nantinya akan membicarakan kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Malah, ada kemungkinan juga jika kompetisi musim 2020 akan diberhentikan dan dilanjutkan ke kompetisi musim 2021.

"PSSI menjadwalkan untuk menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di pertengahan Januari 2021 untuk memutuskan kelanjutan Liga 1 dan 2 atau memberhentikan liga musim kompetisi 2020 berdasarkan situasi terkini," ujar Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Baca Juga: PSSI Bakal Gelar Rapat Exco, Bicarakan Kelanjutan Liga 1

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya